×

“AYAM BETUTU” MENGANTARKAN SLB NEGERI 1 KARANGASEM RAIH JUARA 2 TINGKAT NASIONAL DALAM LOMBA KREASI VLOG AKA-PDBK TAHUN 2021

Selasa, 31 Agustus 2021 pukul 10.16 (2 tahun yang lalu) | Oleh Admin

 

Karangasem- Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) Tahun 2021 dilaksanakan secara daring pada masa pandemi COVID-19. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini melalui beberapa tahap diantaranya: registrasi dan unggah dokumen karya yang berlangsung dari tanggal 20-29 Juni 2021, penilaian lomba pada tanggal 1-4 Juni 2021 dan pengumuman yang direncanakan tanggal 5 Juni 2021 diundur hingga tanggal 30 Agustus 2021. Harapan besar terselenggaranya AKA-PDBK tahun 2021 adalah menggali potensi dan melejitkan prestasi peserta didik berkebutuhan khusus di bidang seni, olahraga, vokasi, dan literasi untuk memberikan dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk mengaktualisasikan diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki PDBK.

 

SLB Negeri 1 Karangasem ikut berpartisipasi dalam ajang lomba kreasi vlog dengan mengangkat salah satu kuliner khas Bali yaitu Ayam Betutu. Peserta didik yang ikut dalam lomba ini adalah salah satu peserta didik terbaik SLB Negeri 1 Karangasem, Irvan Maulana. Irvan adalah peserta didik dengan ketunaan tunagrahita ringan jenjang SMALB. Motivasi mengangkat ayam betutu dalam lomba vlog keanekaragaman kuliner nusantara adalah karena ayam betutu merupakan salah satu makanan khas Bali yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Ayam betutu dengan beberapa makanan pelengkap seperti plecing kangkung dan sambal matah yang diolah dengan bumbu khas Bali memiliki cita rasa yang sangat unik dan komplit. Berkat dukungan dari semua pihak SLB Negeri 1 Karangasem, Irvan mampu meraih juara 2 tingkat nasional dan berkompetisi dengan SLB di seluruh Indonesia. Awalnya, Irvan memiliki hambatan dalam mengucapkan kalimat demi kalimat untuk menjelaskan kuliner yang diangkat, namun berkat binaan dari Ibu Tri Gatari Ernawati, dan motivasi dari pihak sekolah, Irvan mampu mengharumkan nama SLB Negeri 1 Karangasem di Tingkat Nasional.

 

Usaha dan percaya diri adalah kunci dari keberhasilan Irvan. Dengan hambatan yang dimiliki tidak menjadikannya sebagai penghalang dalam menuangkan ide dan mengekspresikan kreativitas untuk unjuk bakat. Harapan ke depan, Irvan dapat menjadi inspirasi dan memotivasi peserta didik lain dalam mengasah bakat dan kepercayaan dirinya meraih masa depan yang lebih baik. Jayalah selalu SLB Negeri 1 Karangasem. Tetap semangat berkarya, berprestasi, dan menjadi istimewa.