×

Bappeda Bakal Ikut Jadi Tes Drive Motor Listrik di Lingkungan Pemprov Bali

Rabu, 26 Juni 2024 pukul 16.15 (2 bulan yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Kepala Bappeda Provinsi Bali diwakili Sekretaris Bappeda Dewa Gede Dharma Putra didampingi staf, mengikuti rapat koordinasi bertajuk Koordinasi Pelaksanaan Program Test Drive Motor Listrik di Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Bali. Rapat koordinasi ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada hari Rabu tanggal 26 Juni 2024 atas kerjasama Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali dengan manajemen proyek Enhancing Readiness for the Transition to Electric Vehicles in Indonesia (ENTREV). 

Dari rapat koordinasi ini terungkap bahwa pihak ENTREV akan memfasilitasi kegiatan test drive penggunaan motor listrik selama 5 hari dari tanggal 5 sampai dengan 12 Juli 2024 mendatang. Bappeda bakal menjadi salah satu dari 7 (tujuh) perangkat daerah (PD) yang terpilih menjadi pelaksana program tersebut, sekaligus menjadi tuan rumah momentum peluncuran pelaksanaan test drive pada hari Jumat, 5 Juli 2024. 

Project Coordination ENTREV, Duwi Pratiwi mengemukakan, test drive motor listrik ini akan melibatkan tujuh PD. Enam PD selain Bappeda adalah Dinas PU PERKIM, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi dan UMKM, Badan Riset dan Inovasi Daerah, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Bali. 

Jenis motor listrik yang diujicobakan berupa kendaraan baru dan kendaraan hasil konversi dari motor konvensional menjadi motor listrik. Seluruh kendaraan yang digunakan dalam uji coba disediakan oleh pihak ENTREV bekerjasama dengan vendor dan bengkel motor listrik, sementara PD Pemprov Bali menunjuk pegawai yang akan menggunakan motor listrik selama kurun uji coba. 

Pertanyaannya, apa sih yang diharapkan dari uji coba ini? Duwi Pratiwi mengemukakan, tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan dan manfaat motor listrik sebagai alternatif transportasi yang ramah lingkungan, memberikan edukasi mengenai cara kerja, keunggulan, dan efisiensi motor listrik dibandingkan dengan kendaraan bermotor konvensional, mempromosikan penggunaan motor listrik untuk mengurangi emisi karbon dan mendukung inisiatif keberlanjutan lingkungan, dan mendorong adopsi motor listrik dengan memberikan pengalaman langsung berkendara, sehingga pengguna dapat merasakan keunggulan dan kenyamanannya secara langsung.

Sebagai bahan informasi, Duwi Pratiwi mengatakan, saat ini telah terdapat setidaknya 23 perusahaan penyedia kendaraan listrik yang tersedia di seluruh Bali antara lain Sentrik Bali, Gesit Bali Pratama, TVS Bali dan Sadhana Motor Pekutatan, Jembrana.