×

Geladi Upacara Hari Puputan Margarana.

Jumat, 17 November 2023 pukul 13.06 (6 bulan yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

17 November 2023, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali bekerjasama dengan instansi terkait melaksanakan Geladi Upacara Peringatan Hari Puputan Margarana ke-77 Tahun  2023, bertempat di Taman Pujaan Bangsa Candi  Margarana Tabanan. Untuk pelaksanakan Upacara yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 November juga akan dirangkaikan dengan Penyerahan Hadiah Pemenang Napak Tilas, dan Penyerahan Sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pertempuran Puputan Margarana merupakan salah satu pertempuran antara Indonesia dan Belanda dalam masa Perang Kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 20 November 1946. Pertempuran ini dipimpin oleh Kepala Divisi Sunda Kecil Kolonel I Gusti Ngurah Rai. Dimana Pasukan TKR di wilayah ini bertempur dengan habis habisan untuk mengusir Pasukan Belanda yang kembali datang setelah kekalahan Jepang, untuk menguasai kembali wilayahnya yang direbut Jepang pada Perang Dunia II.

Pada 20 November 1946 sejak pagi-pagi buta tentara Belanda mulai nengadakan pengurungan terhadap Desa Marga. Kurang lebih pukul 10.00 pagi mulailah terjadi tembak-menembak antara pasukan NICA dengan pasukan Ngurah Rai. Pada pertempuran tersebut pasukan bagian depan Belanda banyak yang mati tertembak. Oleh karena itu, Belanda segera mendatangkan bantuan dari semua tentaranya yang berada di Bali ditambah Pesawat Pengebom yang didatangkan dari Makassar. Di dalam pertempuran yang sengit itu semua anggota pasukan Ngurah Rai bertekad tidak akan mundur sampai titik darah penghabisan. Di sinilah pasukan Ngurah Rai mengadakan "Puputan" atau perang habis-habisan di Desa Margarana. Pasukan I Gusti Ngurah Rai yang berjumlah 96 orang itu semuanya gugur, termasuk Ngurah Rai sendiri. Sebaliknya, di pihak Belanda ada lebih kurang 400 orang yang tewas. Untuk mengenang peristiwa tersebut pada tanggal 20 November 1946 dikenal dengan perang Puputan Margarana, dan kini pada bekas arena pertempuran itu didirikan Tugu Pahlawan Taman Pujaan Bangsa.