×

Kejaksaan RI Kunjungi Diskominfos Provinsi Bali: Membuka Peluang Kolaborasi Layanan Digital

Kamis, 13 Juni 2024 pukul 14.20 (3 bulan yang lalu) | Oleh ratih dwita putri

Denpasar - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Provinsi Bali menerima kunjungan rombongan studi lapangan dari Kejaksaan Republik Indonesia pada hari Selasa (12/6) di ruang rapat SPBE Provinsi Bali. Kunjungan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja Diskominfos Bali yang telah meraih penghargaan Digital Government Award dalam SPBE Summit 2024 untuk kategori Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terbaik.

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinas Diskominfos Provinsi Bali di ruang rapat SPBE. Dalam sambutannya, beliau menyatakan, "Kami menyambut baik kunjungan ini sebagai momentum untuk mendorong kolaborasi antar layanan pemerintah."

Salah satu topik utama yang dibahas adalah integrasi layanan asistensi hukum online Kejaksaan, yakni Halo JPN, ke dalam platform digital Pemprov Bali. Halo JPN merupakan layanan inovatif yang menyediakan konsultasi hukum online, termasuk pelayanan hukum bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Integrasi ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas layanan hukum bagi wisatawan di Bali.

Lebih lanjut, kedua pihak juga membahas potensi kolaborasi dalam upaya peningkatan penerimaan pungutan wisatawan. Kerjasama dengan imigrasi dan otoritas bandara diharapkan dapat mengoptimalkan sistem pungutan wisata yang diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2019 tentang Kontribusi Wisatawan Asing untuk Pelestarian Alam dan Budaya Bali.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan tim SPBE, Bapak I Gusti Ngurah Puspa Udiyana, S.Kom., S.E., M.Si., memaparkan penyelenggaraan keterpaduan ekosistem layanan digital Pemerintah Provinsi Bali. Paparan meliputi capaian SPBE, domain kebijakan, tata kelola, dan manajemen, serta terobosan SPBE terkait SSO (Single Sign On).

Beberapa aplikasi unggulan yang sesuai dengan RB Tematik juga dipaparkan, di antaranya E-Prestise yaitu portal perizinan terpadu, Sigenting sebagai aplikasi pencegahan kemiskinan dan stunting, Sigapura yaitu aplikasi pemantauan harga pangan dan komoditas strategis, dan Love Bali sebagai aplikasi pungutan wisatawan dan promosi pariwisata

"Kami berharap kunjungan ini dapat menjadi langkah awal kolaborasi yang lebih erat antara Kejaksaan RI dan Pemprov Bali dalam menghadirkan layanan publik digital yang lebih baik," tutup Kepala Dinas Diskominfos Provinsi Bali.

Kunjungan ini menandai komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas layanan publik melalui pemanfaatan teknologi digital, sejalan dengan visi Bali sebagai destinasi wisata berkelas dunia.