×

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota UGM Kunjungi Bappeda Bali

Rabu, 3 Juli 2024 pukul 10.00 (2 bulan yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Bappeda Provinsi Bali yang diwakili Pejabat Fungsional Perencana Ahli Muda Luh Putu Nia Arisantini Sudibia menerima Kuliah Kerja Perencanaan (KKP) mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, bertempat di Ruang Rapat Jempiring Bappeda Provinsi Bali, Selasa, 2 Juli 2024.

Salah satu Informasi yang disampaikannya adalah Pulau Bali memiliki luas yang kecil dikelilingi oleh laut yang memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa untuk menunjang pariwisata Bali. Saat ini Bali juga sedang melirik potensi perairan untuk transportasi terintegrasi yang mendukung mengeksplor potensi-potensi yang di darat dalam rangka pembangunan berkelanjutan. Diharapkan konsep pengembangan pariwisata perairan ini akan menunjang potensi pariwisata yang sudah berkembang saat ini. 

Dalam diskusi disampaikan pula terkait permasalahan kemacetan yang sering terjadi. Saat ini Bali dikunjungi wisatawan mencapai enam juta wisatawan, melebihi penduduk Bali, dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini sedang dibahas beberapa proyek pembangunan seperti pembangunan LRT, Electric Bus Rapid Transit (eBRT) Sarbagita yang sedang tahap studi kelayakan. Pemerintah Provinsi Bali juga memiliki strategi quality tourism, yaitu bagaimana mengemas pariwisata yang berkualitas memanfaatkan daya dukungan lingkungan untuk mendukung pariwisata. Mengintegrasikan potensi pedesaan daya tarik wisata desa dengan pengelolaan yang profesional.