×

Pembukaan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Anyaman bambu di Kabupaten Buleleng

Senin, 29 Juli 2024 pukul 15.38 (1 bulan yang lalu) | Oleh PUTU EKA SATYA MAHENDRA

Bali, 29 Juli 2024 Pembukaan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Anyaman bamboo di Kabupaten Buleleng 

 

Dalam sambutan  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Ir. I Wayan Jarta, M.M., yang dibacakan oleh Plt Kepala Bidang Perindustrian, I Wayan Budhiyasa. Beliau menyoroti pentingnya peran UKM dalam membantu mengatasi kemiskinan ekstrem dan meningkatkan perekonomian daerah. "Kemiskinan ekstrem adalah tantangan besar yang masih kita hadapi hingga saat ini. Banyak keluarga yang masih kesulitan memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah konkret dan berkelanjutan untuk membantu mengatasi masalah ini," jelasnya.

I Wayan Budhiyasa juga menggarisbawahi potensi besar Kabupaten Buleleng dalam pengembangan kerajinan anyaman bambu. "Buleleng merupakan salah satu Kabupaten di Bali yang kaya akan pohon bambu, komoditas kerajinan anyaman bambu menjadi salah satu produk unggulan Kabupaten Buleleng. Dengan sumber daya alam yang tersedia, dapat diolah menjadi produk-produk yang memiliki nilai tambah yang lebih tinggi, salah satunya menjadi produk anyaman," tambahnya.

Beliau berharap melalui kegiatan Bimtek ini, akan lahir wirausaha-wirausaha baru yang dapat menggerakkan kembali perekonomian Bali. "Besar harapan saya bahwa dengan penyelenggaraan Bimtek ini dapat membangkitkan jiwa-jiwa wirausaha baru terutama di Wilayah Bali untuk dapat bersama-sama mengembalikan dan menumbuhkan kembali perekonomian Bali demi percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem yang ada di Provinsi Bali," tutupnya.

Di akhir sambutannya, I Wayan Budhiyasa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Bimtek ini dan berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Bali. "Akhir kata, saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan Bimtek ini. Semoga kegiatan Bimtek ini dapat terus dilaksanakan sebagai wadah bagi para wirausaha baru untuk terus berkembang dan menyesuaikan diri terhadap perubahan yang ada," ujarnya.