×

Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya Hadiri Pelebon Mendiang Tjokorda Bagus Santaka

Rabu, 17 April 2024 pukul 16.58 (2 minggu yang lalu) | Oleh I Putu Sujatmanta, SE

Penjabat (Pj) Gubernur bali, S.M. Mahendra Jaya hadir langsung ke Puri Agung Ubud untuk menyaksikan prosesi Pelebon untuk mendiang Tjokorda Bagus Santaka dari Puri Saren Kauh yang merupakan bagian dari Puri Agung Ubud. Pj Gubernur yang hadir didampingi oleh Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra tiba di Puri agung Ubud pada Minggu (14/4) siang dan disambut langsung keluarga besar Puri, yakni Panglingsir Puri Ubud Tjokorda Gde Putra Artha Astawa Sukawati serta Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati 9Cok Ace) yang juga Wakil Gubernur Bali periode 2018-2023.

 

Prosesi Pelebon Tjokorda Bagus Santaka dilaksanakan pada Redite Umanis Merakih, Minggu, 14 April 2024 bertempat di Setra Dalem Puri, Banjar Tebasaya, Desa Peliatan, Ubud, Gianyar. Tjokorda Bagus Santaka berpulang pada 2 Februari 2024 dan merupakan putra pertama dari Tjokorda Agung Suyasa yang merupakan Bendesa Adat Ubud sebelum Tjokorda Raka Kerthyasa alias Cok Ibah. Prosesi Pelebon Tjokorda Bagus Santaka menggunakan Bade Tumpang Sia setinggi 25 meter dan ditambah Lembu Cemeng serta Naga Banda.

 

Nampak pula dalam kesempatan tersebut,  Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol Putu Jayan Danu Putra,  Penglingsir Puri Ageng mengwi, AA Gde Agung, serta perwakilan Puri Sejebag Bali.