×

Sembahyang di Pura Tirta Harum dan Pura Jero Puri, Pj. Gubernur Bali Ajak Masyarakat Jaga Sumber Air

Senin, 30 Oktober 2023 pukul 19.14 (6 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sujatmanta, SE

BANGLI - Disela-sela kesibukan di Hari Sabtu (28/10) Penjabat Gubernur Bali S.M Mahendra Jaya melakukan persembahyangan ke Pura Tirta Harum dan Pura Jero Puri di Taman Bali, Bangli. 

 

Didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra melakukan persembahyangan secara khusuk, di kedua Pura tersebut. 

 

Dalam kesempatan itu, Pj. Gubernur menyampaikan bahwa Pura Tirta Harum memiliki daya tarik tersendiri selain sebagai tempat suci untuk persembahyangan, Pura ini memiliki peninggalan sejarah berupa relief pada tempat munculnya kelebutan (mata air suci) yang berada di utama mandala dan juga sebagai cikal bakal adanya Kawitan Satria Taman Bali dan pratisentana Maha Gotra Tirta Harum dan Pura ini menjadi tempat penglukatan (pembersihan). 

 

Menurut, Mahendra Jaya, masyarakat Bali sangat menghormati air, dimana ada sumber air di sana pasti ada pemujaan karena air adalah sumber kehidupan yang tentunya membawa kebahagiaan dan kedamaian. Namun sebaliknya jika air tidak dikelola dengan baik maka air bisa mendatangkan petaka. Untuk itu, Mahendra  mengajak masyarakat Bali untuk menjaga dan melestarikan sumber mata air yang ada di Bali serta memanfaatkan air dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.