×

Badan KESBANGPOL Bali hadir pada Pembinaan Alumni Taplai Lemhannas RI

Senin, 10 Juli 2023 pukul 10.41 (10 bulan yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

Pembinaan Alumni Pemantapan Nilai-Nilai (Taplai) Kebangsaaan Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS) Republik Indonesia dilaksanakan di Hotel Grand Inna Kuta Badung, pada kamis 6 Juli 2023. Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Laksamana Muda TNI Edi Sucipto,MM,M.Tr. Opsia menyampaikan bahwa Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan mempunyai tugas  menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan serta melaksanakan kegiatan dibidang pelatihan, pembinaan dan sosialisasi. "Dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi pemberian bimbingan dan pembinaan, pengembangan dan perencanaan peningkatan karakter dalam rangka pemantapan nilai-nilai kebangsaan. Pelaksanaan pantapan nilai-nilai kebangsaan dan pelatihan bagi pelatih serta sosialisasi pemantapan nilai nilai kebangsaan." Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Diputi Kebangsaan Lemhannas, Neli menyampaikan pembinaan dan pemantapan  Alumni Taplai Lemhannas Bali adalah untuk mengevaluasi terkait kegiatan yang sudah dilakukan dalam upaya mensosialisasikan, menggemakan empat konsensus dasar bangsa, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945,  Bhineka Tunggal Ika, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI). Dikatakan, dari hasil evaluasi, presentasi, pemaparan para alumni terkait sosialisasi nilai-nilai kebangsaan, tampak alumni telah mengambil peran, mereka sudah berkiprah untuk menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali dalam hal ini yang diwakili Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Daerah, Ni Nyoman Cahayawati,SE.,M.Si. dalam sambutannya berpesan agar peserta alumni dapat menjadi agen-agen perubahan yang mampu berkontribusi terhadap meluasnya nilai-nilai kebangsaan, yang tercermin pada pola pikir, pola sikap dan pola perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

kegiatan yang diikuti oleh 50 orang ini dilaksanakan selama 1 hari, dengan melibatkan Alumni Taplai Lemhannas RI Tahun 2022 di Provinsi Bali dengan menggandeng masing-masing 1 orang pendamping.