×

Bahas Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Kunjungi Diskominfos Provinsi Bali

Kamis, 14 Desember 2023 pukul 22.29 (4 bulan yang lalu) | Oleh Anita Eka Dharanita

Kamis (14/12), Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Provinsi Bali menerima kunjungan kerja dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah yang membahas mengenai Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi.

Bertempat di Ruang Video Conference I Diskominfos Provinsi Bali, rombongan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah diterima oleh Sekretaris Dinas Kominfos Provinsi Bali, Dewa Ketut Rai Rustina dengan didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Anak Agung Ngurah Bagus Aryana dan Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda, I Made Sudiarta.

“Saya selaku Sekretaris Dinas Kominfos Provinsi Bali ingin mengucapkan selamat datang di Dinas Kominfos Provinsi Bali dan semoga bapak/ibu betah berada di Bali. Selain itu, diharapkan dengan adanya pertemuan ini dapat bertukar informasi terkait Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi serta dapat menjalin Kerjasama dikemudian hari,” ujar Dewa Ketut Rai Rustina. 

Pada kesempatan ini, Dewa Ketut Rai Rustina selaku Sekretaris Dinas Kominfos Provinsi Bali mengungkapkan jika diumpamakan Dinas Kominfos Provinsi Bali sebagai sekretariat dan leadingnya ada pada masing-masing bidang dimana terdapat 5 (lima) bidang pada Dinas Kominfos Provinsi Bali yang salah satu bidang yakni Bidang Humas, Publikasi dan Dokumentasi bertempat di Kantor Gubernur Bali. Dan juga, memaparkan kegiatan dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Dinas Kominfos Provinsi Bali. “Saat ini, OPD selain Dinas Kominfos Provinsi Bali dilarang untuk membuat aplikasi dimana hanya Dinas Kominfos Provinsi Bali melalui SPBE yang ditugaskan untuk membuat aplikasi bagi OPD yang ada di Bali,” ungkapnya.

Ketua rombongan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah yakni Bapak Binawan dalam kesempatan ini menjelaskan mengenai tupoksi dan struktur organisasi serta Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, mengungkapkan maksud dan tujuan kedatangannya bersama rombongan ke Dinas Kominfos Provinsi Bali yaitu membahas terkait Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi.

“Tujuan kami datang ke Dinas Kominfos Provinsi Bali karena ingin sharing mengenai Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi serta inovasi-inovasi terkait pengembangan aplikasi yang menunjang PPID Provinsi Bali,” ujar Binawan.

Dari Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Anak Agung Ngurah Bagus Aryana menambahkan bahwa Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi sudah lama dilaksanakan di Dinas Kominfos Provinsi Bali dimana Dinas Kominfos Provinsi Bali selaku PPID Utama dan PPID Pelaksana berada di Kabupaten/Kota serta permohonan informasi dapat dilakukan melalui website Bali Satu Data.

“Kita bekerjasama dengan SPBE untuk pengembangan aplikasi penunjang pada PPID, jadi tidak menggunakan pihak ketiga,” ungkap Anak Agung Ngurah Bagus Aryana.

Ditambahkan pula oleh I Made Sudiarta selaku Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda bahwa untuk penguatan sistem di PPID Provinsi Bali dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait tupoksi PPID serta menjelaskan mengenai website Bali Satu Data dan PPID Provinsi Bali.

Kunjungan dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah dalam rangka membahas Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi berjalan lancar dan diakhiri dengan melakukan sesi foto bersama.