×

Bimbingan Teknis Penginputan Capaian Kinerja Pada Aplikasi E-Sakip

Senin, 29 April 2024 pukul 08.49 (2 minggu yang lalu) | Oleh IDA AYU TRYCIA ISWARI, S.KOM

Bali, 26-April-2024 UPTD. Pengembangan Integrasi dan Layanan Digital menjadi narasumber Bimtek Aplikasi E-Sakip di Bappeda Provinsi Bali, bimbingan ini membahas tentang teknis penginputan capaian kinerja pada aplikasi E-Sakip. Bimbingan Teknis dibuka dengan pengarahan diharapkan semua admin E-Sakip OPD Pemerintah Provinsi Bali dapat mengakses Sistem E-Sakip, jika terkendala diharapkan dapat bersurat ke Diskominfos Provinsi Bali.

Pembahasan pertama mengenai RKPD , diharapkan setiap OPD Provinsi Bali agar membuat target terlebih dahulu dan dapat dilanjutkan dengan menambahkan program, sasaran RKPD. Selanjutnya pembahasan ini menjelaskan mengenai penjelasan Indeks akumulasi dapat diisi meningkat/menurun, dengan menjelaskan presentase Indeks akumulasi dalam sistem RKPD program dapat memilih dua Indikator dalam mengisi kegiatan RKPD dapat diambil SIPD.

Pembahasan kedua membahas cara membuat Indikator kegiatan kinerja disesuaikan dengan sub unit disesuaikan dengan DPA, melengkapi Indikator diharapkapkan tanda berwarna merah tidak muncul kembali, semua program dilengkapi Indikator agar akumulasi kinerja tidak rendah, diharapkan semua program dan kegiatan memiliki Indikator, selain itu setiap sub kegiatan diharapkan mengisi anggaran di sub kegiatan, dengan mengisi Indikator di sub kegiatan agar capaian kinerja menjadi 100%, menambahkan Indikator kinerja. Evaluasi masukan dari admin setiap OPD adanya penambahan satu program beberapa sasaran dan saran saat ini masih ditampung agar kedepannya dapat terlaksana.

Pembahasan ketiga pelaporan target evaluasi, nama Indikator dan jumlah Indikator diisi dalam form Indikator, sedangkan Realisasi dapat diisi secara manual dan disesuaikan oleh perangkat daerah masing-masing.

Pembahasan keempat menjelaskan pengisian kegiatan program, nama Indikator dan sub Indikator.

Pembahasan kelima membahas  proses mengisi modul renstra, dengan tahapan mengisi tujuan baru, realisasi Indikator tujuan, target pertahun, realisasi kinerja pertahun, riwayat pelaporan, Indikator sasaran baru disesuaikan dengan dokumen renstra, Indikator sasaran, realisasi anggaran. Dalam pembahasan ini masukan dari admin OPD diharapkan dapat ditambahkan nilai negatifnya.

 

Ada beberapa Evaluasi dari Bimtek E-Sakip yang disampaikan, evaluasi RKPD harapannya admin OPD E-Sakip dapat segera menginput sub kegiatan 2024, menginput realisasi triwulan pertama dan kedua sedangkan dengan renstra diharapkan segera penginputan data dan keselarasan dokumen. Kedepannya diharapkan admin OPD E-sakip terkait berhati-hati dalam menginput sasaran kinerja, dan penginputan E-Sakip dituntut agar segera melakukan penginputan data oleh Permenpan-RB.