×

Biro Organisasi Setda Prov. Bali Adakan Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) Th. 2022, Dihadiri Tim Asesor RB & Tim RB Perangkat Daerah

Kamis, 25 Agustus 2022 pukul 10.59 (1 tahun yang lalu) | Oleh WIDIA PUTRA SANTOSA

Tujuan diadakannya persiapan evaluasi ini ialah menyampaikan kepada Tim RB Provinsi Bali dan Tim RB Perangkat Daerah untuk persiapan pelaksanaan evaluasi RB tahun 2022 yang akan dilaksanakan 

secara virtual untuk pendalamannya. Kementerian PANRB telah melaksanakan Entry Meeting Pelaksanaan Evaluasi RB Pemda Tahun 2022 tanggal 11 Agustus 2022 yang dihadiri oleh Biro Organisasi dan Inspektorat. 

.

Strategi Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi diantaranya :

a. Tetapkan gambaran kondisi / hasil yang akan diwujudkan pada pencapaian setiap area perubahan reformasi birokrasi.

b. Mendorong penerapan reformasi birokrasi sampai ke level perangkat daerah dan berfokus pada aspek penilaian pada komponen pengungkit/reform dan hasil.

c. Menyusun rencana aksi berdasarkan isu/permasalahan strategis dan rekomendasi hasil evaluasi dan memastikan rencana aksi tingkat pemda juga disupport dengan rencana aksi tingkat perangkat daerah, sehingga perubahan dapat dirasakan sampai level perangkat daerah.

d. Melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala pada rencana aksi dan memberikan feedback perbaikan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi.

e. menyusun program-program percepatan atau inovasi yang mendorong percepatan dampak perubahan yang dirasakan masyarakat.

.

Sub Koordinator Unit Substansi RB akan menjelaskan teknis pelaksanaan evaluasi RB tahun 2022 serta teknis penyusunan paparan RB Perangkat Daerah untuk menggambarkan perkembangan RB di masing-masing PD. PD yang akan menyusun paparan adalah 10 PD sampel, yaitu:

1) Inspektorat Daerah Provinsi Bali

2) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bali

3) Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali

4) Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Bali

5) Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali

6) Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali

7) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan 

Permukiman Provinsi Bali

8 ) Biro Organisasi Setda Provinsi Bali

9) Biro Pengadaan Barang/Jasa dan Perekonomian Setda Provinsi Bali.

10) Rumah Sakit Mata Bali Mandara Provinsi Bali.

Biro Organisasi akan bersurat untuk PD sampel yang akan membuat paparan RB dan batas waktu penyampaian tgl 29 Agustus 2022.

.

Untuk paparan Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi Bali akan disampaikan oleh Bapak Gubernur/Bapak Sekda dimana data-data akan diberikan oleh Tim RB Provinsi. Biro Organisasi akan berkoordinasi kepada Tim RB Provinsi untuk kelengkapan data paparan RB Pemerintah Provinsi Bali.