×

Desa dan Kelurahan Bangkit, Sehat, Maju dan Sejahtera di Masa Pandemi COVID-19, Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali dengan Protokol Kesehatan

Kamis, 1 Juli 2021 pukul 10.44 (2 tahun yang lalu) | Oleh Admin

Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil melaksanakan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali dengan penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi COVID-19. Dimulai dari tahap administrasi yang dilaksanakan secara digital, selanjutnya pemaparan yang memanfaatkan media daring diakhiri dengan klarifikasi lapangan dengan protokol kesehatan ketat. Peserta Lomba Desa dan Kelurahan merupakan perwakilan Desa dan Kelurahan masing-masing Kabupaten/Kota se-Bali dengan status Cepat Berkembang berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Setelah melalui seleksi administrasi secara daring, dipilih Desa Kesiman Kertalangu Kota Denpasar, Desa Beraban Kabupaten Tabanan dan Desa Kedisan Kabupaten Gianyar sebagai 3 (tiga) besar Desa serta Kelurahan Semarapura Kangin Kabupaten Klungkung, Kelurahan Penatih Kota Denpasar dan Kelurahan Ubud Kabupaten Gianyar sebagai 3 (tiga) besar Kelurahan untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Inovasi Desa dan Kelurahan menjadi salah satu penilaian utama dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali. Desa Kesiman Kertalangu sebagai salah satu peserta Lomba Desa, memiliki berbagai inovasi antara lain, Wisata Subak Teba Majelangu yang memberikan pendidikan tentang sistem pertanian subak kepada peserta didik tingkat PAUD dan TK, Program Zero Waste sebagai bentuk pengelolaan sampah berbasis sumber yang memberikan tambahan pendapatan kepada masyarakat, Aplikasi ELINK yang menjadi penilaian kinerja perangkat desa dalam menjalankan tugas selama pandemi, Aplikasi SIKEKAL untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, Aplikasi BUMDESKU sebagai marketplace BUMDesa, serta inovasi dan produk unggulan lainnya dari Desa Kesiman Kertalangu.