×

DISKOMINFOS PROVINSI BALI ADAKAN FORUM WALIDATA STATISTIK SE-BALI

Selasa, 11 Juni 2024 pukul 23.04 (3 bulan yang lalu) | Oleh Handris Krisnayana

BADUNG – Hari Selasa, (11/6/2024) Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Bali adakan Forum Walidata Statistik se-Bali pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung yang terlektak di Mangupura, Badung. Forum Walidata tingkat Provinsi ini dihadiri oleh seluruh Walidata Kabupaten/Kota se-Bali. Pada kesempatan ini, Forum dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali yang diwakili oleh Dr. Dewa Made Puspa, S.Kep, Ns., M.Si. selaku Kepala Bidang Statistik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali. Pada acara pembukaan, Kepala Bidang Statistik Diskominfos Provinsi Bali memberikan sambutan “Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sudah daridulu kami lakukan bersama-sama. Namun sempat terhalang karena beberapa tahun silam ada pandemi, Maka dari itu kami akan mulai agendakan lagi secara rutin”.

Kepala Bidang Persandian dan Statistik Kabupaten Badung, Ida Ayu Gede Dewi Chrisnadi, SE., M.Si mengatakan pada prinsipnya Tugas Walidata sudah tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 21 tentang Satu Dara Indonesia. “Saya harap kedepannya, Forum ini dapat berlangsung secara berkelanjutan sehingga dapat berguna sebagai wadah komunikasi serta memperkuat koordinasi antar Walidata di Daerah” ucap beliau. Walidata adalah unit pada Perangkat Daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan, dan pengelolaan data yang disampaikan oleh Produsen Data.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Pasal 21 bahwa Walidata tingkat daerah mempunyai tugas untuk memeriksa kesesuaian data yang disampaikan oleh produsen data di tingkat daerah sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia (SDI), serta menyebarluaskan data dan metadata di Portal Satu Data Indonesia. Selain itu Walidata diharapkan dapat membantu Pembina Data tingkat daerah dalam membina Produsen Data tingkat Daerah. “Semoga dengan adanya forum ini, kedepannya kita bersama-sama dapat memberikan masukan terhadap kendala atau permasalahan pada daerah masing-masing” ungkap Dr.Dewa Made Puspa, S.Kep, Ns., M.Si.