×

Diskop dan UKM Denpasar Gelar Pelatihan “Achievement Motivation”

Jumat, 27 Mei 2016 pukul 08.04 (7 tahun yang lalu) | Oleh Sigapura

Denpasar (Bisnis Bali)

  Motivasi merupakan kekuatan yang mendorong dan mengarahkan tujuan organisasi koperasi. Pendekatan motivasi berprestasi bagian pencapaian aktualisasi diri dari seorang pimpinan koperasi, sehingga mampu menjadi sosok yang bertanggung jawab , toleran, menjadi mitra kerja yang baik dan sederajat perubahan positif lainnya.

  Beranjak dari kekuatan motivasi tersebut, Kamis (26/5) Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar menggelar Pelatihan  “Achievement Motivation” yang melibatkan pimpinan koperasi se-Kota Denpasar Kegiatan ini bertempat di Hotel Golden Tulip Denpasar. Pelatihan dibuka Kadis Koperasi UKM Kota Denpasar Made Senawin Surya Dharma Sena, S.E.,M.SI., mewakili Wali Kota Denpasar.

  Pelatihan ini dirangkai dengan Launching sistem online terintegrasi profil kinerja koperasi termasuk penilaian kesehatan KSP/USP online.

  Menurut Made Erwin Surya Dharma Sena, pelatihan achievement motivation bagi pimpinan koperasi se-Kota Denpasar sebagai pengembang diri, meningkatkan motivasi kerja mencapai produktivitas kerja yang tinggi dalam melaksanakan perubahan pengolahan koperasi. Hal ini mengingat pengelolaan koperasi melalui pendekatan inovasi, kreativitas yang nantinya mampu mencapai prestasi dalam pengelolaan koperasi. Erwin juga mengatakan, harapan Wali Kota Denpasar dalam pelatihan ini dapat dilanjutkan yang memberikan pelatihan kepada karyawan/karyawati koperasi sehingga seluruh pengelolaan koperasi memiliki standar yang sama dalam meningkatkan kualitas, kinerja, dan profesionalisme.

  “Intinya bahwa konsep diklat achievement motivation ini adalah memotivasi diri sendiri agar menjadi lebih produktif, menguatkan kemampuan inter personal skill, menumbuhkan sikap positif, berkemampuan dan keterampilan diri,”ujar Erwin.

  Disamping melaksanakan pelatihan ini, pihaknya juga melaksanakan launching sitem online terintegrasi profil kinerja koperasi. Aplikasi ini atas dorongan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar dalam mewujudkan Denpasar smart city yang nantinya aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara efektif dan efesien dalam menampilkan profil kinerja koperasi.

  “Aplikasi ini tidak saja semata-mata untuk penilaian kesehatan koperasi, namun juga dimanfaatkan untuk program aktivasi lainnya,”katanya.

  Sementara itu, Kabid Bina Usaha Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar, I Gusti Ayu Yoni mengatakan, tujuan dari pelatihan ini untuk mendorong peningkatan pencapaian prestasi kerja. Kinerja lembaga koperasi dan meningkatkan kapasitas pengelola koperasi agar memiliki kemampuan mengembangkan fungsi manajemen. Pelaksanaan pelatihan berlangsung dari 26 Mei sampai dengan 1 Juni mendatang yang diikuti 30 orang pimpinan koperasi yang merupakan pengurus ataupun manajer koperasi di Kota Denpasar. Adapun narasumber dari pelatihan ini yakni I Wayan Dipta dengan materi kebijakan dan program strategis menuju koperasi berprestasi, Dewi Setiowati dengan materi mindset change serta kepemimpinan, Hengki Setiawan dengan materi key to success serta melibatkan moderator Gede Santanu.

Sumber : Bisnis Bali