×

Disperindag Provinsi Bali melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kerajinan Anyaman

Selasa, 23 Juli 2024 pukul 12.44 (1 bulan yang lalu) | Oleh PUTU EKA SATYA MAHENDRA

Selasa 23 Juni 2024 Disperindag Provinsi Bali melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kerajinan Anyaman . Acara ini diadakan untuk mendukung upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem melalui pengembangan industri kerajinan lokal.

 

Plt Kabid Perindustrian I Wayan Budhiyasa dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali menekankan pentingnya langkah konkret dalam mengatasi kemiskinan ekstrem, sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022. Instruksi tersebut meminta keterlibatan berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk bekerja sama dalam penghapusan kemiskinan ekstrem.

Dalam sambutannya, juga dijelaskan bahwa Kabupaten Bangli memiliki potensi besar dalam industri kerajinan anyaman bambu, berkat kekayaan sumber daya alam dan tradisi budaya lokal. Produk anyaman bambu dari Bangli diharapkan dapat memberikan nilai tambah dan membuka peluang pendapatan baru bagi masyarakat setempat. Pemerintah Provinsi Bali, melalui program peningkatan produktivitas sektor industri dan wirausaha baru, berkomitmen untuk mendukung transformasi ekonomi dan memperluas akses pemasaran produk industri.

Pelaksanaan Bimtek Kerajinan Anyaman ini berlangsung dari 23 hingga 26 Juli 2024 dan diharapkan dapat menumbuhkan jiwa wirausaha baru serta memperkuat perekonomian Bali. Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bagi para pengusaha lokal untuk berkembang dan beradaptasi dengan perubahan pasar.