×

Inovasi CGO (Credit Guarantee Officer) dari PT Jamkrida Bali Mandara (Perseroda) ditetapkan menjadi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023 ke Predikat Top 45

Senin, 4 September 2023 pukul 09.08 (7 bulan yang lalu) | Oleh WIDIA PUTRA SANTOSA

Pemerintah Provinsi Bali memiliki potensi utama di sektor pariwisata yang terkenal hingga mancanegara, UMKM menjadi sektor pendukung pariwisata di Bali dengan jumlah lebih dari 440 ribu. 

 

Permasalahan utama UMKM adalah akses pemodalan. Hal ini karena kurangnya literasi keuangan, kurangnya akses ke lembaga keuangan dan kurangnya agunan/jaminan/collateral sebagai jaminan untuk memperoleh modal usaha. 

 

Jamkrida Bali sebagai BUMD milik Pemerintah Provinsi Bali menciptakan Inovasi Credit Guarantee Officer(CGO) yang bertujuan untuk percepatan akses dan pelayanan penjaminan kepada UMKM.

 

Dengan akses penjaminan, UMKM yang feasible namun tidak bankable dalam hal kekurangan agunan dapat mengakses modal untuk mengembangkan usaha, memenuhi kebutuhan dan membuka lapangan pekerjaan sehingga perekonomian tumbuh lebih cepat.  

 

Pemerintah Provinsi Bali mendukung penuh Inovasi CGO sebagai strategi percepatan pelayanan kepada UMKM di Provinsi untuk mendapatkan akses permodalan sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera.

 

Berdasarkan Hasil Pengumuman Nomor : B/404/PP.00.05/2023 tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2023, Tim Sekretariat KIPP 2023 menyatakan melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 558 Tahun 2023, bahwa Inovasi CGO (Credit Guarantee Officer) dari PT Jamkrida Bali Mandara (Perseroda) ditetapkan menjadi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023 ke Predikat Top 45.