×

Kaban Kesbangpol Bali Buka Pesamuan Agung XII Pasemetonan Agung Nararya Dalem Benculuk Tegeh Kori

Sabtu, 9 September 2023 pukul 16.27 (8 bulan yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

Denpasar - Pj. Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya diwakili Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali, I Gst. Ngr. Wiryanata membuka secara resmi Pesamuan Agung XII Pasemetonan Agung Nararya Dalem Benculuk Tegeh Kori, Sabtu (9/9). Pesamuan yg dilaksanakan di Gedung Keuangan Negara, Renon, Denpasar tersebut mengambil tema “Melalui Pesamuan Agung XII Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Demi Kejayaan Nusantara”.

Dalam sambutan yang dibacakan Kaban Kesbangpol, S.M. Mahendra Jaya menyambut gembira dilaksanakannya Pesamuan Agung XII Pasemetonan Agung Nararya Dalem Benculuk Tegeh Kori yang merupakan suatu wadah untuk mengkaji nilai-nilai budaya warisan leluhur sehingga bisa mengatasi berbagai persoalan yang dapat memecah belah persatuan serta bisa memberikan motivasi agar pasemetonan ini bisa tumbuh dan berkembang secara kondusif. 

S.M. Mahendra Jaya berharap pesamuan ini bisa memberikan suatu kekuatan, baik ke dalam pasemetonan itu sendiri maupun  eksternal dan sekaligus sebagai ajang simakrama atau silaturahmi dari anggota pasemetonan sehingga bisa memberikan kontribusi nyata kepada negara ini.

“Melalui pesamuan ini kita bersama memupuk persatuan dan kebhinekaan, menjaga keutuhan kerukunan masyarakat di Bali dalam satu bingkai Negara Kesatuan RI dalam upaya menciptakan keharmonisan, cinta kasih, saling menghormati dan selalu menjaga kesatuan dan persatuan serta sejalan dengan program pemerintah,” ujar Pj. Gubernur Bali kelahiran Singaraja. 

Pesamuan Agung XII Pasemetonan Agung Nararya Dalem Benculuk juga diharapkan bisa mewarnai Bali untuk menjaga keharmonisan dalam keberagaman, dapat menjadi garda terdepan untuk menolak, mengantisipasi gerakan intoleransi dan radikalisme serta selalu menjaga Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.                    

Pj. Gubernur Bali juga mengingatkan tahun depan akan melaksanakan pesta Demokrasi, Pemilu Serentak Tahun 2024. Sukses tidaknya pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 tidak semata-mata ditentukan oleh peran KPU, Bawaslu dan aparat saja, namun juga berkat peran serta kita semua. Untuk itu Pj. Gubernur Bali mengajak seluruh komponen masyarakat, khususnya yang hadir di acara itu, untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi ini dengan baik, bersama-sama menjaga situasi dan kondisi sehingga Pemilu Serentak Tahun 2024 dapat terlaksana dengan aman dan damai.