×

Kementerian Kominfo RI Adakan Bimtek Dorong Humas Pemerintah Kelola Relasi Media Secara Profesional

Jumat, 20 September 2024 pukul 12.29 (22 jam yang lalu) | Oleh Anita Eka Dharanita

Badung (19/9) – Kementerian Kominfo RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk “Pengelolaan Relasi Media: Bijak dan Proaktif” di Hotel Pullman Bali Legian Beach yang dihadiri oleh perwakilan Diskominfo seluruh Provinsi dan Praktisi Humas se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas komunikasi publik di kalangan pemerintah daerah.

Dewa Rai Rustina, Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Bali dalam sambutannya menekankan bahwa tujuan utama pengelolaan relasi media adalah memastikan informasi yang disampaikan kepada publik positif, akurat, dan sesuai tujuan. ”Dengan adanya bimbingan teknis ini diharapkan dapat menjadi acuan pelayanan informasi publik kepada masyarakat sehingga dapat mewujudkan dan meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan informasi publik,” ungkap Dewa Rustina.

Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Hasyim Gautama, resmi membuka acara dan mengungkapkan harapannya agar peserta dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan keterampilan komunikasi di daerah masing-masing. “Pengelolaan relasi media yang bijak sangat penting. Semua pihak di bidang kehumasan harus memahami dinamika media, menghargai peran media, dan menjaga hubungan berdasarkan nilai-nilai transparansi, kepercayaan, dan saling menghormati,” ujar Hasyim.

Selama Bimbingan Teknis berlangsung, beberapa narasumber yang kompeten di Bidang Komunikasi Publik hadir, mulai dari Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga Dewan Pers, Sekretaris Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo serta Pranata Humas Ahli Madya Direktorat Pengelolaan Media Kemkominfo. Para narasumber berbagi pengalaman dan pengetahuan sehingga peserta mendapatkan wawasan yang mendalam mengenai strategi pengelolaan hubungan dengan media. Hadir juga sebagai moderator dalam kegiatan ini Kapala Bidang Persandian Dinas Kominfo Provinsi Bali dan Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia daerah Bali.

Dengan adanya Bimbingan Teknis ini, diharapkan peserta dapat lebih bijak dan proaktif dalam berkomunikasi dengan media, sehingga informasi yang disampaikan dapat lebih efektif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.