×

Kunjungan Kerja Konsul Jenderal Republik Korea: Mr Moon Young Ju Dukung Pembangunan Kerthi Bali

Jumat, 14 Januari 2022 pukul 22.19 (2 tahun yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Kepala Bappeda Provinsi Bali menerima kunjungan kerja Konsul Jenderal Republik Korea Mr. Moon Young Ju bertempat di Ruang Kerja Kepala Bappeda Provinsi Bali, Jumat, 14 Januari 2022. Dalam kunjungan singkatnya Mr. Moon Young Ju menyatakan sangat senang berada di Indonesia khususnya Bali, karena Indonesia sudah seperti rumah sendiri. Diceritakannya, kecintaannya kepada Indonesia sudah sejak lama, yaitu saat menempuh pendidikan jenjang S2 Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. ”Jadi guru saya Indonesia, saya cinta Indonesia. Saya selalu berpikir bagaimana Indonesia bisa selalu maju. Saya berdoa dan berharap Indonesia bisa jadi negara maju karena memiliki sumber daya yang melimpah,” ucapnya.

Lebih lanjut menanggapi perkembangan Korea yang maju pesat, Mr Moon menjelaskan pendidikan merupakan hal yang utama, kerja keras, semangat hidup untuk lebih baik juga mempengaruhi. Perkembangan di bidang politik yang kondusif serta pemimpin harus menjadi teladan bagi masyarakat. Selain itu pentingnya pembangunan infrastruktur secara cepat. “Pemerintah harus menunjukkan peta atau roadmap pembangunannya, agar masyarakat dapat mendukung. Komunikasi itu penting, keinginan pemerintah mau berjalan ke arah pembangunan, namun seringkali masyarakat tidak tahu mau kemana,” jelasnya.

Terkait kebijakan pembangunan Bali pihaknya menyatakan sangat mendukung apa yang telah direncanakan dalam Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali, terlebih peluang kerjasama bidang kebudayaan. “Saya tahu kebijakan Kerthi Bali, dan saya sangat mendukung. Kebijakan itu sangat tepat dalam kondisi seperti ini. Tinggal masyarakat apakah sudah mengerti arah konsep itu,” ucapnya. 

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra berharap dengan dibukanya Konsulat Jenderal Republik Korea di Bali akan tercipta kerjasama yang baik dari kedua negara, dan khususnya bagi pembangunan Bali. Ika Putra yakin mimpi Indonesia yang maju akan segera terwujud dari Bali. Negara-negara yang membuka konsulat di Bali termasuk Korea diharapkan menjadi bagian dalam meningkatkan pembangunan Bali.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan Kantor Konsulat Jenderal Republik Korea di Bali pada November lalu, dan ini menjadi Konsulat Jenderal Republik Korea pertama di luar Jakarta. Konsulat Jenderal Republik Korea di pulau Dewata sebagai salah satu bentuk kerja sama diplomasi. Kehadiran kantor ini diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara khususnya wisatawan Korea yang terus meningkat. (Krisna - Prahum).