×

Pameran Foto "Rwa Bineda" Sajikan Deretan Potret Peristiwa Penting di Bali Setahun Terakhir

Selasa, 26 Desember 2023 pukul 20.46 (4 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sujatmanta, SE

Denpasar - Penjabat ( Pj) Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana menghadiri pembukaan pameran foto jurnalistik bertajuk “Rwa Bhineda” menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-86 kantor berita Indonesia Antara. 

 

Pameran yang menghadirkan 86 foto kilas balik peristiwa penting se-Bali dan Nusa Tenggara tersebut dihelat di Pusat Perbelanjaan Living World, Denpasar pada Selasa (26/12) sore.

 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) sekaligus Wakil Gubernur Bali periode 2019-2023, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati  yang didaulat untuk membuka secara resmi pameran tersebut mengatakan tema "Rwa Bhineda” amat menarik dengan menitikberatkan pada konsep keseimbangan di Bali. "Terlebih pada masa pandemi yang tidak hanya memberikan sisi buruknya, tapi juga ternyata memberikan sisi baik yakni kita lebih peduli pada lingkungan, pada alam, kebersihan hingga hubungan antar manusia,” katanya.

 

Untuk itu pria yang akrab disapa Cok Ace ini mengharapkan semua pihak untuk objektif melihat dua sisi baik dan buruk dalam "Rwa Bhineda" atas peristiwa yang terjadi dalam kehidupan dengan cara menjaga keseimbangannya. “Saya juga berharap dari media yang mengambil potret itu sebagai kontrol sosial, menjadi masukan kepada pemerintah bagaimana menjaga alam Bali, dan saling bersinergi,” katanya. 

 

Sementara itu kepala LKBN Antara Biro Bali Widodo Wahyu menjelaskan keseluruhan foto periode pengambilan 2022-2023 tersebut telah melalui proses seleksi berdasarkan sejumlah sektor baik sosial, ekonomi, hingga politik selama dua bulan dari total 10.300 karya foto jurnalistik oleh kurator Ismar Patrizki.

 

Pameran foto jurnalistik “Rwa Bhineda” dipamerkan di area B1-06 dan B1-07 yang berada di bawah area Nusantara Market, Living World Denpasar selama 10 hari mulai 26 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.