×

Pelaksanaan Bulan Bung Karno Mendapat Apresiasi BPIP

Kamis, 10 Maret 2022 pukul 23.41 (2 tahun yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Ida Bagus Gde Wesnawa Punia menerima kunjungan kerja Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam rangka mendapatkan informasi tentang program dan kegiatan dengan sasaran strategis BPIP, Kamis, 10 Maret 2022, bertempat di Ruang Rapat Padma Bappeda Provinsi Bali. 

Pada kesempatan tersebut Bagus Wesnawa menyampaikan berbagai program dan kegiatan Pemprov Bali yang terkait, salah satunya Bulan Bung Karno yang sudah tertuang dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno DI Provinsi Bali. Bulan Bung Karno merupakan upaya dalam rangka melestarikan dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dan kepahlawanan serta keteladanan Bung Karno, yang dilaksanakan pada bulan Juni dengan kegiatan meliputi kegiatan budaya, ilmiah dan kegiatan lainnya. “Bulan bung karno ini merupakan upaya bagaimana membumikan nilai-nilai yang diajarkan Bung Karno,”ucapnya.

Penjelasan mengenai pelaksanaan Bulan Bung Karno tersebut mendapat apresiasi tim dan akan menjadi perhatian karena melalui kunjungan tersebut juga untuk mengidentifikasi kegiatan yang unik untuk menjadi perhatian ke tingkat pusat. Selain juga mengevaluasi program/kegiatan serta anggarannya apakah dilaksanakan secara konsisten atau makin tidak diperhatikan.

BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standarisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.