×

Pemerintah Provinsi Bali Raih Kategori TINGGI Atas Partisipasinya Dalam Pilot Project Pengukuran Indeks Maturitas Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, Dan Kode Perilaku ASN (IM-NKK)

Rabu, 29 Desember 2021 pukul 23.04 (2 tahun yang lalu) | Oleh WIDIA PUTRA SANTOSA

Sehubungan dengan telah selesainya pelaksanaan seluruh tahapan kegiatan Pengukuran Indeks Maturitas Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, Dan Kode Perilaku ASN (IM-NKK) pada 16 instansi pemerintah yang menjadi pilot project, maka dilaksanakanlah kegiatan penyampaian hasil pengukuran IM-NKK secara virtual yang diadakan pada Rabu, 29 Desember 2021.

.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak 15 April 2021 hingga 13 Desember 2021. Beberapa tahapan yang dilalui adalah sosialisasi, penilaian mandiri, verifikasi dan klarifikasi, serta pleno penetapan tingkat kepatuhan instansi pemerintah yang dinilai.

.

Dalam pengukuran IM-NKK tersebut, diberlakukan 4 kriteria, yakni penyediaan kebijakan internal; internalisasi, institusionalisasi, serta eksternalisasi; penegakan; dan kesinambungan sistem.

.

Menurut Ketua KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) Agus Pramusinto, proyek percontohan penilaian kepatuhan melalui IM-NKK merupakan salah satu program baru KASN pada tahun 2021 untuk mengukur penerapan peraturan nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN di instansi pemerintah.

 

Kegiatan itu, kata dia, juga merupakan langkah terobosan KASN dalam mengawasi ASN di tengah maraknya pelanggaran kode etik dan disiplin yang dilakukan.