×

Rapat Persiapan Pelaksanaan HUT RI ke 78

Jumat, 28 Juli 2023 pukul 10.03 (9 bulan yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali laksanakan Rapat Persiapan Peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Badan Kesbangpol Provinsi Bali pada hari Rabu, 26 Juli 2023. Rapat dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Bali, I Dewa Gede Mahendra.

Dalam rapat ini, Kepala Badan Kesbangpol Bali, Ngurah Wiryanata menyampaikan rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 di Provinsi Bali akan melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP. Pancaka Tirtha pada 16 Agustus malam, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada 17 Agustus 2023 di Lapangan Utama Niti Mandala, beserta Upacara Penurunan Bendera di sore hari.

Tema HUT RI tahun 2023 adalah "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". Tema tersebut sekaligus menjadi slogan HUT ke-78 RI.

Logo HUT ke-78 RI
Arti setiap elemen logo HUT ke-78 RI tercantum dalam Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia. Berikut adalah arti dari logo HUT ke-78 RI tahun 2023 sebagai berikut:

Estafet
Garis padat horizontal - Tongkat Estafet. (Teruskan)
Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa.

Terus Melaju
Angka 7 berbentuk arah panah ke atas. (Gerak Maju)
Arah panah ke atas yang bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.

Pancasila
Terbentuk dari 5 garis melengkung. (Pancasila)
5 garis melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju.

Tanggung Jawab Bersama
Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis. (Tanggung Jawab Bersama)
Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika).

Keberlanjutan
Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus.
Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.

Globalisasi
Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 merepresentasikan pola pikir global (Globalisasi)
Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Rapat yang dipimpin oleh Kaban Kesbangpol Bali dan didampingi Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Karakter Bangsa, Komang Kusumaedi, beserta Analis Kebijakan Ahli Muda, Made Artanegara mengundang Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana; Kepala Kepolisian Daerah Bali; Komandan Resor Militer 163/Wirasatya; serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah lainnya di Provinsi Bali.