×

Penyerahan Integrasi 21 Program Pemberdayaan Lintas Kementerian untuk Reforma Agraria

Rabu, 22 Juni 2022 pukul 21.02 (1 tahun yang lalu) | Oleh NYOMAN BAGUS PRASETIA

Atensi Presiden terhadap Masyarakat Sumberklampok Terealisasi melalui Penyerahan Integrasi 21 Program Pemberdayaan Lintas Kementerian untuk Reforma Agraria pada hari Selasa, (21/6/22) di Balai Desa Sumberklampok. 

Kepala Staf Kepresidenan Indonesia (Jenderal TNI Dr.H. Moeldoko, S.I.P) yang bertugas mengawal program prioritas Presiden dan Wakil Presiden hadir langsung bersama Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Pertanian, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang dan perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Desa PDTT dalam penyerahan 21 Program Pemberdayaan Desa di Sumberklampok, Gerokgak, Buleleng. Dalam sambutannya, Moeldoko mengatakan bahwa Desa Sumberklampok ini merupakan yg pertama dan menjadi model pemberdayaan Program Reforma Agraria bagi daerah-daerah lain. Moeldoko juga membacakan amanat yg diberikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa tanah yg telah menjalani redistribusi agar lebih produktif memberikan hasil utk membantu kehidupan.

Dalam kesempatan ini Menteri Koperasi dan UKM RI menyerahkan secara simbolis Sertifikat Diklat Keterampilan Kuliner yg bersumber dari dana DAK Non Fisik melalui Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali, Nomor Induk Berusaha (NIB), dan Akses Pemodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sesuai dengan arahan Presiden kepada Kementerian terkait untuk memberikan pendampingan khususnya di Desa Sumberklampok ini.

Sebagai Informasi tambahan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, telah melaksanakan Diklat Kuliner dengan melibatkan 34 Peserta yang di dominasi oleh Ibu Rumah tangga yang memiliki spirit untuk mencoba membuka peluang usaha melalui kuliner, setelah mengadakan diklat, peserta juga akan memperoleh pendampingan berupa ijin  Nomor Induk Berusaha, belum puas sampai disitu pada akhir pelatihan bagi peserta yang ingin mendapatkan bantuan modal usaha,dinas koperasi dan ukm provinsi bali  berusaha mendampingi usaha rintisan tersebut untuk memperoleh Kredit Usaha Rakyat

Dalam kesempatan ini turut hadir Wakil Gubernur Bali, Wakil Bupati Buleleng, Sekda Prov. Bali, Sekda Kab. Buleleng. Pemerintah Prov. Bali , Pemerintah Daerah Kab. Buleleng, Perbekel Desa Sumberklampok, dan tentunya Masyarakat Desa Sumberklampok.

Masyarakat desa mengharapkan agar kedepannya program ini terus berlanjut sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan mensejahterakan masyarakat Desa Sumberklampok.