×

Percepat Pulihkan Ekonomi, Pemprov Bali Susun Strategi Trabsformasi Ekonomi

Jumat, 2 Juli 2021 pukul 21.57 (2 tahun yang lalu) | Oleh Admin

Pembahasan konsep strategi pemulihan dan transformasi ekonomi Bali terus berlanjut. Kepala Bappeda Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra memimpin rapat koordinasi Penyusunan Strategi Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Bali bertempat di Ruang Rapat Sandat, Jumat sore, 2 Juli 2021, diikuti Kelompok Ahli Bidang Pembangunan Provinsi Bali, BPS Provinsi Bali, dan jajaran Bappeda Provinsi Bali.

Konsep strategi yang sedang disusun terdiri dari strategi jangka pendek dan jangka menengah-panjang yang mana ini akan dikolaborasikan dengan konsep serupa yang disusun oleh Bappenas. Strategi jangka pendek meliputi pengendalian pandemi Covid-19 dan program vaksinasi, pemberian insentif pariwisata untuk menarik wisatawan nusantara, pembukaan pariwisata dengan strategi terpadu para stakeholder pariwisata, dan kerjasama internasional untuk menarik wisatawan mancanegara. Strategi jangka pendek dimaksudkan untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi masyarakat yang sangat terdampak pandemi ini. 

Sedangkan jangka menengah-panjang meliputi transformasi ekonomi sektor pertanian dalam arti luas, sektor kelautan dan perikanan, sektor industri berbasis budaya branding Bali, sektor kreatif dan digital, serta sektor pariwisata. Strategi ini dimaksudkan mengubah struktur perekonomian Bali agar menjadi lebih berimbang, kuat, sehat dan berkualitas antara kontribusi sektor primer, sekunder, dan tersier terhadap PDRB. (Krisna - Pranata Humas)