×

Pertamina Jamin Stok Elpiji Aman Di Bali

Selasa, 13 September 2016 pukul 08.07 (7 tahun yang lalu) | Oleh Sigapura

Denpasar (Antara Bali) - PT Pertamina (Persero) menjamin stok elpiji ukuran tabung tiga kilogram aman di Provinsi Bali menjelang Idul Adha dengan mengalokasikan penambahan ribuan tabung yang sudah diantisipasi sejak Hari Raya Galungan.

"Penambahan tersebut sudah termasuk libur panjang hingga Idul Adha," kata Area Manager Communication and Relation Pertamina Wilayah Pemasaran V Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara yang berkedudukan di Surabaya, Heppy Wulansari, Sabtu.

Dia menjelaskan penambahan pasokan sudah dilakukan mulai awal September 2016 dengan melakukan penambahan pasokan sekitar 235.200 tabung tiga kilogram untuk memenuhi kebutuhan jelang Galungan yang jatuh pada Rabu (7/9) dan Idul Adha pada Senin (12/9) serta libur panjang di antara kedua hari besar keagamaan itu.

Penambahan pasokan didistribusikan melalui 70 Agen yang tersebar di Bali dan 104 SPBU di Bali yang sudah menyediakan layanan produk elpiji bersubsidi itu maupun LPG 12kg.

General Manager Marketing Operation Region V, Ageng Giriyono menjelaskan, konsumsi elpiji pada saat Idul Adha biasanya mengalami kenaikan karena meningkatnya kebutuhan bahan bakar untuk memasak, terutama memasak hasil kurban.

Untuk itu di wilayah tersebut, Pertamina sudah menambah penyaluran sekitar tujuh persen dari penyaluran normal.

Jika pada kondisi normal penyaluran elpiji sekitar 108.143 metrik ton per bulan, maka pada bulan ini dilakukan penambahan penyaluran sebanyak 7.661 metrik ton.

"Ini untuk memastikan stok elpiji di agen dan pangkalan dalam kondisi yang aman. Terutama untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat untuk memasak yang kami prediksi meningkat pada masa-masa tersebut," ujar Ageng.

Selain elpiji, Pertamina juga mengantisipasi konsumsi BBM yang meningkat di sejumlah lokasi wisata terkait adanya libur panjang, seperti Bali dan Malang.

Sedangkan konsumsi Solar diprediksi menurun terkait berkurangnya pengiriman barang pada hari libur.

"Kenaikan konsumsi BBM biasanya disebabkan meningkatnya mobilisasi masyarakat saat liburan. Namun karena hanya terjadi di beberapa titik, jadi volumenya tidak signifikan," tambahnya.

Meski begitu, Pertamina tetap menyiagakan depot elpiji dan Terminal BBM untuk melayani kebutuhan BBM dan elpiji masyarakat, termasuk pada Hari Raya Idul Adha.

Pertamina juga berkordinasi dengan bank persepsi agar tetap bisa menerima transaksi pada hari libur.

Sumber : Antara Bali