×

Pj. Dekranasda Provinsi Bali Ny. drg. Ida Mahendra Jaya Pimpin Rakerda Dekranasda se Bali

Selasa, 30 Januari 2024 pukul 22.28 (3 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sujatmanta, SE

PJ. Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny. drg. Ida Mahendra Jaya mengajak seluruh anggota Dekranasda se-Bali meningkatkan daya saing menghasilkan karya produk kerajinan lokal Bali, sehingga memiliki produksi yang inovatif dan beranekaragam. Penegasan tersebut disampaikan saat memimpin Rakerda Dekranasda se Bali, Selasa, Anggara Umanis-Wariga (30/1), di Gedung Kertha Sabha, Denpasar

 

 

Mengingat Bali adalah destinasi pariwisata yang memiliki daya tarik lebih dari daerah lainnya, UMKM diharapkan menjadi pendukung dan berperan aktif dalam meningkatkan produksinya, sehingga perlu mendapatkan pendampingan dan pembinaan yang intens. 

 

"Sebagai pembina kerajinan, anggota Dekranasda diharapkan mampu memberikan pendampingan aktif, agar UMKM dan IKM dapat berinovasi sekaligus menghasilkan karya yang beranekaragam, atau tidak menonton satu jenis saja. Hal ini penting, lantaran  kita kaya dengan kreativitas, inovasi dan imajinasi karya yang variatif, karena apabila hanya menghasilkan karya sejenis sepanjang masa, maka tidak akan mampu kita mengikuti perkembangan dan keperluan konsumen dengan potensi yang kita miliki", tegasnya. 

 

Inovasi baru sangat diperlukan agar konsumen juga dapat menikmati berbagai jenis kerajinan yang berbasis kearifan lokal. Sehingga hal ini dapat mendorong akses pasar dan mampu memasukan  kerajinan Bali menembus pasar global yang penuh dedikasi. Selain itu media sosial juga sangat penting dan memegang peran sebagai wadah promosi yang dilengkapi dengan informasi.