×

Pj. Gubernur Bali Muspayang Bhakti Tawur Agung Kesanga Rahina Suci Nyepi Tahun Caka 1946 dan upacara Tawur Tabuh Gentuh Serangkaian IBTK Pura Agung Besakih

Jumat, 15 Maret 2024 pukul 12.17 (1 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sujatmanta, SE

Karangasem - Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dan Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Bali mengikuti prosesi dan Muspayang Bhakti Tawur Agung Kesanga Rahina Suci Nyepi Tahun Caka 1946 dan upacara Tawur Tabuh Gentuh serangkaian Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK), di Pura Agung Besakih, Karangasem, Minggu (Redite Umanis Langkir) 10 Maret 2023.

 

Upacara yang digelar bertepatan pula dengan rahina tilem kesanga ini dilangsungkan di areal Bencingah Pura Agung Besakih, serta dipuput oleh lima sulinggih sekaligus yakni Ida Pedanda Gde Manu Singaraga dari Griya Taman Sari Sangkan Gunung, Ida Budha Wayan Datah dari Griya Budakeling, Ida Rsi Bujangga Hari Dantam dari Griya Tumbak Bayuh, Ida Sri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun dari Griya Kedhatuwan Kawista Belatungan, serta Ida Dalem Semara Putra dari Puri Semarapura.

 

Tujuan dari upacara Tawur Labuh Gentuh itu sendiri yakni untuk nyomia bhuta kala atau menetralkan secara niskala unsur - unsur negatif yang ada di alam semesta, sekaligus sebagai ungkapan syukur kehadapan Ida hyang Widhi Wasa sehingga mampu lebih khusuk dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian. Sekaligus memohon kelancaran berlangsungnya IBTK yang puncaknya berlangsung pada Purnama Sasih Kedasa 24 Maret 2024 mendatang.

 

Selain dihadiri para Pimpinan Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Bali, upacara tawur tampak pula dihadiri Wakil Bupati Karangasem Wayan Artha Dipa bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Karangasem. Serta diikuti pula oleh perwakilan desa adat se Bali guna nunas tirtha dan nasi tawur, yang akan digunakan untuk menggelar upacara tawur kesanga di masing - masing wilayahnya.