×

Pj. Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya Dukung Pembangunan Sirkuit Sprint Rally di Jembrana 

Rabu, 25 Oktober 2023 pukul 20.35 (6 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sujatmanta, SE

DENPASAR - Penjabat (Pj.) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menerima Audiensi Wakil Bupati Jembrana Gede Ngurah Patriana Krisna bersama jajaran, di Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Rabu (Buda Wage, Menail) 25 Oktober 2023.

 

Pj. Gubernur S. M. Mahendra Jaya menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap rencana dibangunnya sirkuit Sprint rally di Jembrana, dengan harapan dapat menghasilkan nilai ekonomi yang bisa mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Jembrana. 

 

Sebagai dukungan berjalannya rencana sirkuit rally di wilayah terbarat pulau Bali, S. M. Mahendra Jaya pun memberikan izin pemanfaatan lahan milik Pemprov yang saat ini dikelola oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) sebagai lahan perkebunan kelapa.

 

"Sepanjang sepenuhnya dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat dan bisa memberikan nilai tambah bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat saya tentu sangat setuju. Sepanjang sesuai dengan aturan yang berlaku, silahkan dipergunakan dan dikelola sebaik - baiknya dan bisa dipertanggungjawabkan," cetus Pj. Gubernur Bali sembari mempersilahkan untuk berkoordinasi lebih lanjut dengan Perumda dan instansi terkait di lingkup Pemprov Bali.

 

Lebih lanjut, S. M. Mahendra Jaya juga menanggapi rencana dilaksanakannya acara pelatihan bagi pecalang yang dinilai memang sangat perlu guna meningkatkan kemampuan sebagai petugas keamanan adat bagi para pecalang yang ngayah dalam berbagai kegiatan adat di Bali.

 

"Saya sangat sependapat, melalui agenda tersebut semoga mampu memposisikan Pecalang sebagai warisan leluhur yang adiluhung pada posisi yang terhormat. Dulu belum ada polisi, kan pecalang yang memiliki peranan dalam menjaga keamanan Bali. Kalau sekarang agak miris, di beberapa lokasi Saya lihat terdapat pecalang yang difungsikan sebagai juru parkir. Harusnya bisa dibedakan ini, antara fungsi pecalang dalam sebagai keamanan dalam lembaga adat atau Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda) dengan pecalang yang bermata pencaharian sebagai tenaga keamanan. Namun kita bantu para pecalang ini dengan pemberian pembekalan dan pelatihan sebagai tenaga keamanan itu saya sangat setuju, karena akan bisa membantu mereka dalam mencari penghidupan di luar kewajiban mereka ngayah dalam lembaga adat," pungkas S. M. Mahendra Jaya.

 

Seperti disampaikan sebelumnya oleh Wabup Jembrana Gede Ngurah Patriana Krisna bahwa Pemkab Jembrana berencana membangun sirkuit Sprint Rally untuk mendongkrak PAD dan mengangkat sektor pariwisata Jembrana. Berawal dari banyaknya event otomotif bertaraf nasional yang digelar di Jembrana dan hanya sirkuit Sprint Rally yang belum ada, maka tercetuslah rancangan pengembangan pariwisata otomotif. Setelah melakukan survey, satu - satunya lokasi yang memadai yakni lahan seluas 38 Ha milik Pemprov Bali yang saat ini dimanfaatkan sebagai perkebunan kelapa oleh Perumda. Untuk itulah, dirinya memohon dukungan ijin agar  lahan tersebut bisa dimanfaatkan oleh Pemkab Jembrana.

 

"Jika ini bisa terealisasi, dampaknya akan sangat besar bagi daerah kami. Dan dalam pemanfaatannya kami tidak akan melakukan perombakan apa-apa. Kami akan memanfaatkan jalan yang sudah ada, mungkin hanya sedikit penyesuaian sebagai lintasan sirkuit yang diperlukan. Sisanya tetap sesuai kondisi awal, perkebunannya tetap ada, hasilnya pun tetap bisa dimanfaatkan," ujar Wabup Patriana Krisna dalam audiensi yang turut dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Bali Wayan Wiasthana Ika Putra dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Cok Bagus Pemayun.