×

Tim Koordinasi Daerah Pencegahan dan Pengendalian Zoonosis dan Penyakit Infeksius Baru Provinsi Bali Perkuat Kapasitas Surveilans Terpadu

Kamis, 14 Maret 2024 pukul 21.26 (1 bulan yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Pemerintah Provinsi Bali telah membentuk Tim Koordinasi Daerah Pencegahan dan Pengendalian Zoonosis dan Penyakit Infeksius Baru Provinsi Bali, yang terbagi menjadi empat kelompok kerja, salah satunya Surveilans Terpadu. Oleh karena itu, perlu dilakukan serangkaian kegiatan peningkatan kapasitas bagi surveilans terpadu di Puskesmas dan Puskeswan. 

Rangkaian kegiatan penguatan kapasitas didahului dengan lokakarya pendahuluan di tingkat provinsi, yang dilaksanakan bertempat di Hotel Four Star, Denpasar, Rabu, 13 Maret 2024. Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Bali, I Wayan Wiasthana Ika Putra membuka sekaligus sebagai salah satu narasumber, dengan moderator Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Ida Bagus Gde Wesnawa Punia. Narasumber lainnya Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Kemenkes RI, Direktur Kesehatan Hewan, Kementan RI, Sekretaris Tim Koordinasi Daerah Pencegahan dan Pengendalian Zoonosis dan Penyakit Infeksius Baru Provinsi Bali, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

Kegiatan penguatan selanjutnya akan diadakan lokakarya lanjutan di tingkat kabupaten yang bertujuan untuk mempersiapkan implementasi rencana surveilans terpadu, melaksanakan kegiatan percontohan surveilans terpadu antara Puskesmas dan Puskeswan, dan terakhir mengadakan lokakarya keluar setelah pelaksanaan surveilans terpadu. Serta penyelesaian kegiatan percontohan untuk mengevaluasi dan berbagi pembelajaran dari kegiatan percontohan.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Tim Koordinasi Daerah Pencegahan dan Pengendalian Zoonosis dan Penyakit Infeksius Baru Provinsi Bali didukung oleh Program Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP).