×

Tingkatkan Ketahanan Pangan

Rabu, 13 Juli 2016 pukul 07.55 (7 tahun yang lalu) | Oleh Sigapura

Singaraja (Bali Post)

  Gebyar penanaman padi jajar legowo (jarwo) dilakukan pemerintah bersama TNI-Polri, masyarakat dan jajaran SKPD Buleleng. Penanaman padi jarwo itu untuk mendukung ketahanan pangan. Padi jarwo itu ditanam di areal Subak Umadesa, Desa Lokapaksa, Seririt.

  Berdasarkan data 2015 rata-rata produktivitas padi mencapai 63,66 kuintal/ha gabah kering giling (GKG). Pencapaian produksi padi itu berpotensi kembali ditingkatkan. Caranya dengan melalui pelaksanaan intensifikasi dan adopsi teknologi terapan bagi masyarakat petani.

  Sejumlah Program intensif dilakukan berupa pengelolaan tanah sawah dengan baik dan benar. Petani turut dibina memilih benih sesuai kondisi tanah dan iklim. Selain itu perlu optimalisasi pengairan subak sesuai kebutuhan tanaman. Tidak kurang penting, pemberian pupuk secukupnya dan pengendalian hama.

  Wabup Sutjidra, Selasa (12/7) kemarin, menyatakan dirinya mengapresiasi kegiatan gebyar penanaman padi jarwo ini. Pembangunan yang didesain oleh Pemkab, salah satunya tetap memprioritaskan sektor pertanian. Hal itu sebagai usaha sentralisasi penyediaan lapangan kerja di tingkat pedesaan dan menyediakan bahan pokok pangan.”Strategi pembangunan pertanian di Buleleng telah diproyeksi dalam program 12 PAS. Salah satunya pembangunan ekonomi sebagai upaya peningkatan perekonomian daerah,”ujarnya.

  Melalui pengembangan padi di setiap wilayah di percaya keperluan beras di Buleleng diyakini tidak ada kendala berarti, Bahkan dipercaya dapat meningkat. Saai ini sebagian besar masyarakat di Buleleng berprofisi sebagai petani padi. Dapat dilihat dari luas sawah yang menunjang komoditi padi unggulan. “Peningkatan produksi pangan khususnya padi di sektor pertanian selaras dengan tagline’Buleleng Smile’, yang sejahtera, mandiri, integrasi, lestari dan beretika,”tandasnya.

  Acara itu dihadiri Dandim 1609/Buleleng yang diwakili Pasiterdim, Wabup Nyoman Sutjidra,Sp,OG., Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali Ir. Ida Bagus Wisnu Wardana M,Si., Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Buleleng Ir. Nyoman Swatantra,MMA.,Muspika Kecamatan dan SKPD di Pemkab Buleleng.

Sumber : Bali Post