×

Apel Siaga BPS Kabupaten Bangli: Menyongsong Sensus Penduduk 2020 Lanjutan

Kamis, 19 Mei 2022 pukul 08.26 (1 tahun yang lalu) | Oleh I Gede Heprin Prayasta

Sabtu, 14 Mei 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangli menggelar apel siaga dalam rangka menyambut pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan khususnya di Kabupaten Bangli. Sensus Penduduk merupakan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Sensus Penduduk 2020 Lanjutan adalah salah satu program prioritas nasional yang dilaksanakan di Indonesia dengan tujuan untuk mengumpulkan data strategis kependudukan Indonesia dan informasi yang lebih rinci terkait demografi penduduk, ketenagakerjaan, migrasi, serta karakteristik perumahan.  Apel siaga dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Bangli Ir. A.A.A Raka Suarningsih yang dalam amanatnya menghimbau seluruh petugas yang terlibat untuk selalu berpedoman pada konsep dan defenisi pada setiap butir-butir pertanyaan, jadwal pelaksanaan serta mematuhi protokol kesehatan.  Apel siaga juga disertai dengan deklarasi pakta integritas sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan pelaksanaan pendataan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan di Kabupaten Bangli.

Sensus Penduduk 2020 Lanjutan akan dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu tahap pemutakhiran dan pencacahan sampel. Pemutakhiran dijadwalkan pada tanggal 15 Mei 2022 sampai dengan 31 Mei 2022. Tahap ini bertujuan untuk melakukan pemutakhiran muatan serta karakteristik keluarga dan rumah tangga pada blok sensus (sebagian atau keseluruhan wilayah satuan lingkungan terkecil setempat yang merupakan wilayah kerja petugas sensus) terpilih sebelum dilakukan pencacahan. Setelah pemutakhiran berakhir kemudian akan dilanjutkan ke tahap pencacahan dengan wawancara lengkap. Tahapan pencacahan akan dilaksanakan pada 1 Juni 2022 hingga 30 Juni 2022. Sebanyak 8 petugas Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka), 22 Koordinator Tim (Kortim), dan 65 Petugas Pendataan Lapangan (PPL) yang bertugas di 322 blok sensus  tersebar di wilayah Kabupaten Bangli.

Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Bangli yang sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2020 telah berhasil mencatatat sebanyak 258.721 jiwa penduduk di Kabupaten Bangli yang terdiri dari 130.307 penduduk laki-laki dan 128.414 penduduk perempuan. Komposisi penduduk di Kabupaten Bangli didominasi oleh kelompok Generasi Z dan Generasi Millenial atau kelompok penduduk muda. Masa depan Kabupaten Bangli berada di tangan penduduk muda sehingga optimalisasi pemberdayaan generasi muda menjadi salah satu strategi pembangunan Bangli Era Baru.  Pendataan sensus penduduk di Kabupaten Bangli pada tahun 2020 telah berjalan dengan sangat baik. Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama dan kolaborasi serta dukungan penuh dari seluruh stakeholder serta penduduk di Kabupaten Bangli.

Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan didukung  oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bali yang dituangkan dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor  9531 Tahun 2022. Dukungan pendataan juga disampaikan Pemerintah Kabupaten Bangli yang tercantum dalam Surat Edaran Bupati Bangli Nomor : 010/292/2022 tanggal 21 April 2022 tentang Dukungan Pelaksanaan Sensus Penduduk (SP2020) Lanjutan, Persiapan Sensus Pertanian (ST2023), dan Updating Potensi Desa (PODES) 2022. Dukungan tersebut diharapkan memperlancar proses pendataan dan kolaborasi dari seluruh stakeholder yang terlibat di dalamnya. Koordinasi khusus juga telah dilaksanakan dengan tajuk sosialisasi pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan dengan melibatkan seluruh camat dan kepala desa/kelurahan di Kabupaten Bangli.

Inovasi pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan terus dilakukan. Jika pada saat pelaksanaan sensus sebelumnya pendataan menggunakan kertas maka Sensus Penduduk 2020  beranjak menggunakan kombinasi media kertas dan aplikasi mobile. Proses pemutakhiran dilakukan dengan menggunakan daftar penduduk tercetak sedangkan pencacahan dilakukan dengan aplikasi pada perangkat gawai petugas dengan metode CAPI (Computer-Assisted Personal Interviews). Metode baru ini mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dengan harapan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendataan demi data berkualitas.  Informasi yang dikumpulkan akan menjadi dasar perumusan kebijakan dan arah pembangunan Bangli, Bali dan Indonesia kedepan. Mari kita sukseskan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan dengan menerima kedatangan petugas sensus. Kenali petugas sensus dengan atribut lengkap berupa rompi sensus, papan nama, surat tugas, mengenakan masker dan hand sanitizer sesuai dengan protokol kesehatan. Sensus Penduduk 2020 Lanjutan, Mencatat Indonesia untuk Indonesia Maju.