×

Bangun Sinergitas dan Harmonisasi Program Kesehatan, Kepala Bappeda Bali Sampaikan Dukungan Daerah Wujudkan Layanan Primer Dan Rujukan

Jumat, 27 Oktober 2023 pukul 09.35 (6 bulan yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Kepala Bappeda Bali didaulat sebagai salah satu narasumber pada Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Provinsi Bali Tahun 2023, bertempat di Hotel Ibis Styles Bali Benoa, Badung, Kamis, 26 Oktober 2023. Rakortek dilaksanakan dalam rangka sinergitas dan harmonisasi program kesehatan tingkat kabupaten/kota, provinsi serta pusat dengan tema ”Penguatan integrasi Layanan Primer dan Layanan Kesehatan Rujukan menuju Indonesia Maju di Provinsi Bali”. 

Pada kesempatan tersebut Kepala Bappeda Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra menyampaikan paparan “Dukungan Daerah Dalam Mewujudkan Layanan Primer Dan Rujukan di Provinsi Bali Sesuai Dengan Haluan 100 Tahun Pembangunan Bali”.

Pertemuan ini bertujuan untuk sinergitas dan harmonisasi rencana kerja pelaksanaan program pembangunan kesehatan di Pemerintah Provinsi Bali Tahun 2024 dalam mendukung Penguatan Integrasi Layanan Primer dan Rujukan melalui Dana Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD). Melalui kegiatan ini diharapkan tersusunnya Rencana Tindak Lanjut atas Penguatan Integrasi Layanan Primer dan Rujukan di Kabupaten/Kota dan Provinsi melalui Dana Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Indonesia Sehat merupakan salah satu sasaran transformasi sosial untuk Indonesia Emas 2045, melalui membangun sistem kesehatan yang tangguh dan responsif serta memastikan penduduk berusia panjang dan hidup sehat. Upaya transformatif kesehatan untuk semua sejalan dengan program transformasi kesehatan yang diupayakan oleh Kementerian Kesehatan, salah satunya melalui Pengembangan pelayanan kesehatan primer sampai tingkat desa dan kelurahan dan Jaminan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan untuk penurunan stunting.

Pemerataan pembangunan kesehatan ini membutuhkan koordinasi serta penyusunan strategi dan rencana aksi program-program kesehatan di daerah, sehingga program kerja pusat dan daerah dapat bersinergi dan harmonis. Rakontek Perencanaan II dilaksanakan selama 4 hari, Rabu-Sabtu, 25-28 Oktober 2023. Selaku narasumber pada pertemuan ini Dirjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI, Dirjen Yankes Kementerian Kesehatan RI, Kepala Roren Kementerian Kesehatan RI, Katimker DAK Fisik Kementerian Kesehatan RI, Katimker DAK Non Fisik Kementerian Kesehatan RI, Kepala Bappeda Provinsi Bali, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Prov.Bali, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali.