×

Bappeda Bali Ikuti Pelatihan Regional Climate Budget Tagging

Rabu, 13 April 2022 pukul 22.52 (2 tahun yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Pejabat Fungsional Perencana Muda Sub Koordinator Unit Substansi Lingkungan Hidup dan Pengembangan Wilayah Bappeda Provinsi Bali Ngurah Bagus Gede Pasek Wirakusuma mengikuti Pelatihan Awal Penandaan Anggaran Perubahan Iklim (Regional Climate Budget Tagging/RCBT) di Tingkat Daerah yang dilaksanakan secara daring, Rabu, 13 April 2022.

Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral (PKPPIM) Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan pada tahun 2022 ini berencana melaksanakan Penandaan Anggaran berbasis perubahan iklim di Tingkat Daerah (Regional Climate Budget Tagging/RCBT). Ini sebagai upaya mendorong terwujudnya suatu mekanisme penelaahan anggaran dan perencanaan pembangunan yang diharapkan dapat menjawab tantangan pengarusutamaan agenda nasional ke dalam sistem perencanaan daerah.

Sebelumnya, CBT di tingkat nasional sudah dilakukan oleh Kementerian/Lembaga sejak tahun 2016 sampai saat ini, yang kemudian telah menjadi dasar pembiayaan kreatif, antara lain penerbitan Sukuk Hijau Pemerintah serta akses pendanaan Green Climate Fund (GCF).

Pada tahun ini, direncanakan melakukan piloting dan analisis lanjutan ke beberapa pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, untuk melakukan pelatihan dan analisa dokumen perencanaan daerah dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Kegiatan ini juga akan mencakup peningkatan kapasitas bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.