×

Bappeda Bali Koordinasikan Data Penyusunan Indeks Transformasi Digital Nasional

Kamis, 12 Oktober 2023 pukul 11.35 (6 bulan yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Kepala Bappeda Provinsi Bali yang diwakili Sekretaris Dewa Dharma Putra memimpin Rapat Pengumpulan Data Pengukuran Indeks Transformasi Digital Nasional (TDN) dalam rangka Penyusunan dan Pengukuran Indeks Transformasi Digital Nasional, bertempat di Ruang Rapat Melati, Kamis, 12 Oktober 2023. 

Indeks Transformasi Digital Nasional (TDN) bertujuan untuk mengukur tingkat perkembangan digital di berbagai wilayah di Indonesia meliputi aspek infrastruktur, pemerintah, ekonomi, masyarakat, dan ekosistem digital. 

Penyusunan dan Pengukuran Indeks TDN diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kerjasama dengan LPEM FEB Universitas Indonesia untuk melihat proses yang diterapkan dalam mengintegrasikan teknologi digital di semua bidang layanan di daerah. Proses ini secara mendasar mengubah cara organisasi memberikan nilai kepada masyarakat pengguna layanan. 

Transformasi digital bukan hanya sekadar inovasi teknologi, melainkan sebuah perubahan yang mendasar dalam cara berpikir, bekerja, dan berinteraksi dalam masyarakat yang semakin terkoneksi. Ini menjadi katalisator perubahan yang memungkinkan organisasi pemerintah daerah meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing dalam meningkatkan peran digital dalam berbagai aspek.

Beberapa data yang memperlihatkan transformasi digital adalah langkah yang sangat penting untuk memajukan perekonomian daerah, diantaranya adalah : akses internet yang meningkat, pertumbuhan E-commerce, Pemberdayaan UMKM dalam memanfaatkan digitalisasi, potensi wisata berbasis digital, pemerintahan hingga transaksi keuangan berbasis digital.

Bappeda Bali dalam hal ini berperan mengkoordinasikan penyediaan data indikator pembentuk Indeks TDN dan memfasilitasi akses data dan informasi lain yang dibutuhkan selama proses penyusunan pengukuran Indeks TDN.