×

Bimbingan Teknis Sistem Aplikasi Pemantauan (SIPANTAU)

Senin, 4 Desember 2023 pukul 09.39 (5 bulan yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

Kamis, 30 November 2023, bertempat di Ruang Rapat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali, telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Aplikasi Pemantauan oleh Tim Sub Direktorat Implementasi Kebijakan Politik Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata didampingi Plt. Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Kadek Rudiani turut mengundang operator Sistem Informasi Pemantauan seluruh Kabupaten/Kota di Bali.

SIPANTAU merupakan sistem informasi untuk melaporkan situasi dan perkembangan politik di Daerah yang dikembangkan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam rangka mewujudkan sukses pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. Tugas Koordinator Pelaporan Hasil Pemantauan Perkembangan Politik di Daerah pada Badan Kesbangpol Provinsi antara lain; Memantau, menggali, menghimpun, mengumpulkan dan mengolah data dan informasi terkait perkembangan politik di daerah yaitu pelaksanan tahapan penyelenggaraan pemilu di daerah, situasi politik di daerah dan dukungan pemerintah daerah pada pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilihan umum.

Nilai lebih dari sipantau dapat menembus batas ruang dan waktu tidak harus berkumpul dalam tempat dan waktu yang sama, dilengkapi ruang kelengakpan dokumen dan kesamaan format pelaporan, dapat dilakukan analisis lanjutan lebih cepat dan dapat diketahui aktivitas dan tanggung jawab dari masing-masing daerah ”. terang Syarmadani.“Saya berharap Aplikasi Sipantau ini mampu mempermudah kita semua meningkatkan derajat kualitas kemampuan Badan Kesbangpol provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Disamping organisasi-organisasi yang lain. Jangan sampai organisasi Kesbangpol agak dipandang sebelah mata”. tutup Syarmadani.