×

Bulog Bali Siap Gelar Operasi Pasar Beras

Rabu, 2 Desember 2015 pukul 14.08 (8 tahun yang lalu) | Oleh Sigapura

Denpasar - Perum Bulog Divisi Regional Bali siap menggelar operasi pasar kebutuhan pokok beras mengantisipasi lonjakan harga dan kebutuhan menjelang akhir tahun.

"Untuk rencana operasi pasar, Bulog Bali sudah siap. Tinggal menunggu permintaan dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Bali, I Wayan Budhita di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, operasi pasar itu nantinya menggunakan cadangan beras pemerintah dalam rangka mewujudkan stabilitas harga beras di masyarakat terlebih menjelang akhir tahun ini.

Menteri Perdagangan, Thomas Lembong sebelumnya telah menginstruksikan kepada Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar beras karena harga kebutuhan masyarakat itu terdampak pengaruh musim kekeringan.

Perum Bulog diminta untuk melakukan operasi pasar beras dengan harga jual di Gudang Bulog sebesar Rp7.500 per kilogram di Pulau Jawa, sedangkan di luar Pulau Jawa Rp7.600 per kilogram.

Sementara itu dalam minggu ini Bulog Bali akan menerima pasokan beras sebanyak 3.500 ton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan wisatawan menjelang musim puncak liburan akhir tahun.

"Dalam minggu ini juga akan masuk 3.500 ton sehingga stok beras untuk Bali menjadi hampir 5.000 ton," imbuhnya.

Hingga saat ini ketersediaan beras di Pulau Dewata sebanyak 1.946 ton, sedangkan kebutuhan beras per bulan untuk konsumsi masyarakat termasuk kebutuhan pariwisata rata-rata mencapai sekitar 2.600 ton.

Total 5.000 ton beras tersebut, lanjut dia, diperkirakan bertahan hingga akhir Januari 2016 dan secara bertahap akan disuplai kembali ke Bali.

Sumber : bali.antaranews.com