×

Deputi Gubernur BI Harapkan Semua Wilayah Indonesia Miliki TPID

Kamis, 12 Februari 2015 pukul 19.11 (9 tahun yang lalu) | Oleh Sigapura

Denpasar, Bali (beritadewata.com) - Deputi Gubernur Bank Indonesia Hendar menyatakan, bahwa saat ini diseluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota diharapkan memilik Tim Pengendali Inflasi Daerah ( TPID).Dia mengatakan, TPID ini akan dijadikan sebagai ajuan dalam pengembangan pertumbuhan ekonomi.

 "Pada prinsipnya disemua provinsi diharapkan memiliki TPID, tapi kita kembalikan lagi kepada daerah masing-masing, karena itu ada hubunganya dengan anggaran daerah,"jelasnya, usai acara pembentukan TPID di Kantor Bank Indonesia, di Denpasar, Rabu (11/02/2015).

Pembentukan TPID ini juga dilakukan secara bertahap, tidak serta merta dibentuk secara  serentak di seluruh Indonesia.

"Kami tidak hanya memberikan arahan kepada pemerintah daerah untuk membentuk TPID, tapi dari Mendagri juga menganjurkan kepada seluruh provinsi memiliki TPID,"ungkapnya.

Sesuai dengan Intruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No.02/1696/SJ tanggal 2 April 2013 tentang menjangkau keterjangkauan barang dan jasa di daerah. Imbuhnya, pembentukan TPID merupakan langkah yang tepat dalam mengendalikan harga.

Terkait dengan pembentukan TPID di Bali dia mengatakan sangat mengapresiasi. “Kami sangat mengapresiasi semangat dan komitmen kepala daerah seluruh kabupaten-Kota di Bali untuk menjaga kestabilan harga barang jasa melalui forum TPID,”paparnya.

Sebagai langkah awal penegndalian inflasi yang ideal, TPID yang telah terbentuk diharapakan dapat melakukan pemetaan permasalahan di masing-masing daerah. 

“Yang perlu dilaksanakan dalam pemnguatan kelembagaan dan koordinasi antar TPID lintas kabupate-Kota maupun lintas provinsi Bali, serta pengembangan kerjasama dan konektivitas perdagangan antar daerah,”tutupnya. (Beritadewata.com, 11 Februari 2015)