×

Dinas Perdagangan Badung Jamin Stok Elpiji Aman

Jumat, 16 Juni 2017 pukul 11.03 (6 tahun yang lalu) | Oleh Sigapura

Mangupura (Antara Bali) - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Badung, Bali, menjamin stok gas elpiji 3 kilogram cukup aman selama Bulan Suci Ramadhan, karena distribusi dari agen distributor tetap lancar.

"Biasanya, pengguna gas tabung melon ini umumnya para pedagang yang notabena berasal dari luar Bali, sehingga secara otomatis konsumsi gas elpiji ini akan berkurang saat mereka mudik Lebaran," kata Kadiskop, UKM dan Perdagangan Badung, I Ketut Karpiana, di Mangupura, Rabu.

Selama berlangsungnya Bulan Suci Ramadhan, menurut dia, permintaan gas elpiji bersubsidi akan tetap ada dan permintaannya tidak terlalu membeludak.

Untuk mengantisipasi kelangkaan gas elpiji ini, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pertamina dalam penyaluran gas bersubsidi itu dari agen distributor menuju pangkalan gas.

Pihaknya juga sudah membentuk tim gabungan (Polri/TNI, Satpol PP, Pertamina, Iswana Migas, Dinas Perhubungan dan Diskop, UKM dan Perdagangan) untuk pengawasan pendistibusian gas elpiji ini yang dijual agen distributor di daerah itu kepada masyarakat Badung.

"Dengan stok gas elpiji sebanyak 19.402 metrik ton (MT) ini diyakini kuota yang diberikan tetap aman dan tepat sasaran," katanya.

Apabila kuota stok gas ini habis, kata dia, pemerintah pusat akan menyalurkab kembali ke daerah yang membutuhkan. "Pengecekan stok gas elpiji ke agen distrobutor ini selalu kami cek setiap tiga bulan," ujarnya.

Oleh karena itu, jika ditemukan penyelewengan dalam pendistribusian atau ada pengoplosan gas elpiji ini, maka tim gabungan akan bergerak untuk menindak pelaku pelanggaran itu.

"Terkait tersendatnya distribusi gas ini dalam perjalanan, maka tim dari Dinas Perhubungan yang melakukan penanganannya," katanya.

Sumber : Antara Bali