×

Kepala Bappeda Bali Apresiasi Capaian Makro Ekonomi Tabanan

Selasa, 27 Februari 2024 pukul 22.56 (2 bulan yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Kepala Bappeda Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra mengapresiasi capaian Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam pembangunan ekonomi yang sangat baik di tahun 2020-2023 terlebih usai menghadapi pandemi COVID-19.

Hal itu disampaikannya saat sebagai narasumber pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Semesta Berencana (RKPD-SB) Tahun 2025 bertempat di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Senin, 26 Februari 2024.

“Hal ini berkat fondasi sektor pertanian di Tabanan yang masih kuat, sehingga mampu menumpu struktur ekonomi secara keseluruhan. Artinya kebijakan pembangunan ekonomi Tabanan yang dikomandani Pak Bupati sudah sangat tepat,” ujar Ika Putra.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengungkapkan, mayoritas masyarakat Tabanan merasa puas dengan berbagai program yang dirancang dalam tiga tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan.

Musrenbangkab dirangkaikan dengan Cerita Sukses Tiga Tahun Kepemimpinan Jaya-Wira yang merupakan capaian dalam mewujudkan visi Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. Capaian tersebut mencakup bidang pangan, sandang, dan papan, bidang pendidikan dan kesehatan, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, bidang adat, tradisi, seni dan budaya, serta bidang pariwisata yang ditunjang dengan pembangunan di bidang infrastruktur yang tetap memperhatikan keharmonisan dengan alam dan lingkungan. 

"Di dalam menjalankan sebuah amanat yang diberikan oleh masyarakat Tabanan, tiga tahun kepemimpinan, kemarin astungkara 73 persen masyarakat di Kabupaten Tabanan telah mendukung pemerintahan Jaya Wira ini. Ini artinya masyarakat Tabanan ini sudah sangat menggantungkan harapannya kepada kami," kata Bupati Sanjaya. 

Dijelaskannya, di masa awal kepemimpinan Jaya-Wira yang kala itu bersamaan dengan masa Pandemi COVID-19 yang berdampak buruk terhadap berbagai sendi kehidupan masyarakat, sehingga menyebabkan anjloknya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tabanan. Namun, hal itu membuat Jaya-Wira bertekad untuk bekerja dan berkolaborasi bersama semua stakeholder, DPRD, Perbekel dan Bendesa Adat untuk kompak bersatu mengatasi semua persoalan yang ada di Kabupaten Tabanan. 

Hingga saat ini pembangunan Tabanan sudah di atas rata-rata, bahkan beberapa indikator melampaui provinsi. Itu berarti kerja kolaborasi yang dilakukan sangat luar biasa. “Ketika modal itu bisa kita pegang bersama, astungkara Tabanan era baru, aman, unggul dan madani bisa kita capai, asal kita selalu kompak bersatu untuk mencintai masyarakat Tabanan," ucapnya. 

Di bagian lain, Kepala Bappeda Kabupaten Tabanan I Made Urip Gunawan melaporkan Musrenbangkab dilaksanakan secara bertahap mulai dari Musrenbang tingkat Desa dan tingkat Kecamatan. Tujuan Musrenbang untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dengan menghimpun saran dan masukan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan untuk menyempurnakan rencana kerja pembangunan di Kabupaten Tabanan.

Dalam paparannya, Urip Gunawan menyampaikan capaian makro Kabupaten Tabanan di Tahun 2020-2023 sangat baik.  Capaian yang sudah diwujudkan ini, diharapkannya menjadi modal di tahun 2025 untuk menjawab tantangan pembangunan ke depan.