×

Studi Banding SAKIP, Bappeda Tangerang Kunjungi Bappeda Bali

Senin, 6 November 2023 pukul 15.33 (5 bulan yang lalu) | Oleh KRISNA PRASADA PRANA

Keberhasilan Pemprov Bali meraih predikat BB pada evaluasi yang dilaksanakan Kementerian PAN RB dalam pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2021, serta mempertahankan predikat BB pada evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), menarik perhatian Bappeda Kota Tangerang, Jawa Barat, untuk datang langsung ke Bali. 

Sebanyak 5 (lima) orang staf Bappeda Kota Tangerang, Senin, 6 November 2023, secara khusus mengadakan kunjungan kerja ke Bappeda Provinsi Bali untuk menggali informasi mendalam mengenai upaya-upaya Bali mencapai predikat tersebut. 

Rombongan Bappeda Kota Tangerang dipimpin oleh Kabid Perencanaan Pembangunan, Evaluasi dan Pelaporan, Tri Rachmah Fadjriah didampingi 4 (empat) orang staf. “Kami memilih Bali karena menjadi satu-satunya Pemprov yang berhasil mengukuhkan diri berhasil naik kelas dari predikat B pada tahun 2020 menjadi predikat BB pada tahun 2021,” kata Tri Rachmah Fadjriah.

Sebagai kota yang berada di dekat ibukota negara, kata Tri, Kota Tangerang sedang berupaya untuk meraih predikat BB dari raihan saat ini masih pada predikat B dengan skor sekitar 67 poin. “Selain untuk tujuan itu, kunjungan kami ini juga ditujukan bagi studi banding mengenai pengendalian evaluasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD),” imbuh Tri.

Kunjungan Kerja Tim Bappeda Kota Tangerang itu diterima Kepala Bappeda Provinsi Bali yang diwakili Ketua Tim Penyusunan Program, Evaluasi dan Pelaporan Bappeda Provinsi Bali I Gusti Ayu Putu Dewi Antari bertempat di Ruang Kerja Kabid PPEPD Bappeda Bali. 

Pada kesempatan tersebut, Dewi Antari menjelaskan, keberhasilan Bali meraih predikat BB antara lain didukung oleh pemanfaatan aplikasi Sistem Pengendalian dan Evaluasi (Sidalev) dan E-Planning yang mulai dilaksanakan sejak 2019. (Dewa Rai Anom - Prahum)