×

Badan KESBANGPOL Bali kirim putra putri Bali pada Kemah Kebangsaan bagi Generai Muda

Kamis, 25 Mei 2023 pukul 11.41 (10 bulan yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melaksanakan Kegiatan Kemah Kebangsaan Bagi Generasi Muda pada hari Selasa (23/5) sampai dengan Jumat (26/5) 2023 bertempat di The Highland Park Resort Hotel Bogor. Kegiatan ini dalam rangka mengoptimalkan internalisasi nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta untuk menggugah rasa cinta Tanah Air dan meningkatkan semangat Nasionalisme khususnya bagi Generasi Muda dengan melibatkan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali sebagai penyeleksi Peserta di tingkat Daerah mengirimkan 2 peserta atas nama I Gusti Agung Ayu Bintang (Universitas Pendidikan Nasional Denpasar) dan I Komang Juliantara (SMKN 1 Abang). Kemah Kebangsaan dibuka langsung secara resmi oleh Direktur Jenderal Politik dan PUM Kemendagri, Bahtiar Baharuddin. dalam arahannya Bahtiar mengatakan, "Generasi Muda diharapkan tidak selalu berfikir linier, karena yang linier itu belum tentu baik juga. Generasi muda harus berani berfikir merubah sesuatu sepanjang itu tidak salah." 

Dalam kesempatan ini Bahtiar juga menerangkan, bahwa kegiatan hari ini sangat luar biasa, kita sedang menuju Indonesia emas. Kita harus menciptakan generasi muda yang produktif, karena generasi muda saat ini adalah generasi yang akan menjadi pemimpin pemerintahan bahkan pemimpin negara di tahun 2045. Kami menitipkan harapan besar menuju Indonesia emas. “Generasi tahun 2045 seharusnya memiliki mental pemimpin, mental leader bukan mental anak buah. Jadi jangan cita-citanya biasa-biasa saja. jika cita-citanya tidak tercapai, tidak usah patah semangat," tambah Bahtiar. Ia berharap para peserta yang mengikuti kegiatan ini suatu saat nanti akan memimpin negara kedepan. Pemimpin diberbagai bidang kehidupan. “Negara yang kuat hari ini adalah negara yang menguasai sumber daya. Indonesia termasuk sumber daya alamnya sangat besar sekali. Sayang sekali jika ini dikuasai oleh orang dari negara lain. Adik-adik semua anda adalah orang pilihan yang di undang dalam kegiatan ini, dibiayai oleh negara, berarti anda orang hebat. Jadi para peserta dalam kegiatan ini kalau tidak menjadi orang hebat di tahun 2045, kegiatan ini akan sia-sia," pinta Bahtiar.

kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini diisi Materi-materi Implementasi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, Penanaman Bela Negara, Nilai-Nlai Sejarah Kebangsaan, dan Pembauran Kebangsaan serta Pelestarian Bhineka Tunggal Ika. dengan mengundang KPU RI dengan materi ‘Pentingnya Partisipasi Politik Generasi Muda Dalam Memberikan Hak Suara Dalam Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024’. Bawaslu RI dengan materi ‘Peran Serta Generasi Muda Dalam Pengawasan Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024’. Plh. Sekretaris Ditjen Politik dan PUM Kemendagri sekaligus menjabat sebagai Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan PUM Kemendagri, Risnandar Mahiwa, dengan materi ‘Arah Kebijakan Ditjen Politik dan PUM Kemendagri’. Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan, dengan materi ‘Selayang Pandang Materi Implementasi Pancasila Wawasan Kebangsaan, Kesadaran Bela Negara, Pembauran Kebangsaan, Bina Ideologi Aparatur’. Direktur Pengkajian Implementasi Pembinaan Ideoligi Pancasila BPIP dengan materi ‘Bagaimana Karakter Pancasila Bagi Generasi Muda’. Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI), disampaikan oleh Sekertaris MIPI, Bapak Baharudin Tahir, dengan materi ‘Bagaimana Menumbuhkan Semangat Keberagaman Budaya dan Agama di Indonesia dalam Bingkai NKRI Sebagai Suatu Kekayaan Bangsa. Yayasan Bentang Merah Putih, Yohana Elizabeth Hardjadinata dengan materi ‘Menumbuhkan Semangat Nasional dan Karakter Kebangsaan Bagi Generasi Muda’. Motifator dengan materi ‘Bagaimana Pentingnya Pengembangan Diri Untuk Membangun Rasa Nasionalisme’. Konten Kreator dengan  materi ‘Bagaimana Menjadi Konten Kreator Terkait Dengan Wawasan Kebangsaan. Kegiatan ini juga turut dihadiri Badan Kesbangpol provinsi kabupaten/kota seluruh Indonesia.