×

Badan KESBANGPOL hadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Perbaikan Kepengurusan dan Keanggotaan PARPOL Peserta Pemilu 2024

Rabu, 21 Desember 2022 pukul 08.29 (1 tahun yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

Memenuhi Undangan Komisi Pemilihan Umum terkait Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Perbaikan Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali dalam hal ini diwakili Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Unit Substansi Fasilitasi Kelembagaan Pemerintahan, Perwakilan dan Partai Politik, I Made Sugiantara,S.IP. Rapat yang dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali didampingi seluruh Anggota KPU Provinsi Bali turut mengundang Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Bali, Ketua KPU Kabupaten/Kota, dan dari unsur Partai Politik. Ketua KPU Provinsi Bali menegaskan komitmen KPU Provinsi Bali dalam memfasilitasi seluruh tahapan Pemilu secara transparan penuh keterbukaan, sehingga diharapkan seluruh Parpol peserta Pemilu mengoptimalkan koordinasi dengan KPU Provinsi Bali. sedangkan dari Bawaslu Provinsi Bali menyampaikan komitmen totalitas membangun harmonisasi dan sinergi dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan Pemilu tahun 2024.

Hasil Pleno memustuskan 18 (Delapan Belas) Parpol yang diusulkan untuk ditetapkan di KPU RI, yaitu :

1.   Partai Hati Nurani;

2.   Partai Kebangkitan Nusantara

3.   Partai Bulan Bintang

4.   Partai Garda Perubahan Indonesia

5.   Partai Solidaritas Indonesia

6.   Partai Persatuan Indonesia

7.   Partai Gelombang Rakyat Indonesia

8.   Partai Buruh

9.   Partai Ummat

10. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

11. Partai Demokrat

12. Partai Persatuan Pembangunan

13. Partai Golongan Karya

14. Partai Kesatuan Bangsa

15. Partai Amanat Nasional

16. Partai Keadilan Sejahtera

17. Partai Gerakan Rakyat Indonesia

18. Partai Nasdem

dalam rapat ini juga disampaikan 4 (Empat) Partai Politik yang sudah memenuhi kelengkapan data dan keabsahan data terkait keterwakilan perempuan; kepengurusan; dan keanggotaan yaitu :

1.   Partai Buruh

2.   Partai Garuda

3.   Partai Ummat

4.   Partai Hanura