×

Dinas Kominfos Geber Roadshow Literasi Digital

Jumat, 6 Oktober 2023 pukul 09.57 (6 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sundika

DENPASAR, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali menggelar Literasi Digital untuk Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali bertempat di Ruang Rapat Praja Sabha Kantor Gubernur Bali,  Selasa (Anggara Umanis Krulut) 12 September 2023. Kegiatan Literasi Digital bertajuk Roadshow Literasi Digital ini melibatkan seluruh Pejabat Eselon III, Eselon IV, Fungsional dan dibuka langsung oleh Kepala Satpol PP Bali, Dewa Rai Darmadi. Sedangkan Dinas Kominfos Prov Bali sebagai narasumber menghadirkan seluruh tim Lentera Siber yang dipimpin oleh Kabid Persandian I Putu Sundika.

Kepala Satpol PP Bali dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan Roadshow Literasi Digital ini yang tentunya akan memberikan penguatan terhadap penguasaan teknologi praktis terutama dalam hal keamanannya. Dewa Darmadi mengungkapkan bahwa penyiapan SDM menjadi hal yang sangat penting ditengah rencana persiapan pengoperasian Command Center Satpol PP Bali. Apalagi beberapa informasi yang akan berproses di dalam Command Center tersebut bisa jadi akan bersifat sensitif dan rahasia, untuk itu diperlukan infrastruktur yang baik, secure serta tentunya SDM yang cakap dalam digital skill dan safety. Roadshow yang berlangsung dari pagi sampai sore ini membahas hal-hal penting yang sangat perlu diketahui oleh seluruh peseta seperti bagaimana menjaga password yang baik dan menghindari serangan pishing. Materi juga diisi dengan kilas balik beberapa aplikasi utama yang digunakan dalam keseharian oleh seluruh ASN Pemprov Bali seperti SSO dan Kantor Virtual serta disampaikan juga beberapa hal pokok dalam pengelolaan Keterbukaan Informasi.

Kegiatan literasi digital adalah sebuah kegiatan yang rutin dilakukan oleh Dinas Kominfos Prov Bali dengan menyasar 4 (empat) kompetensi digital yaitu Digital Skills, Digital Ethic, Digital Culture dan Digital Safety. Lentera Siber adalah produk inovasi dari Dinas Kominfos Prov Bali yang khusus menyasar ke Digital Safety yaitu bagaimana menjaga keamanan di ruang siber. Beberapa kemasan dalam Lentera Siber adalah literasi melalui pamflet/banner yang disebarkan lewat akun instagram dan youtube, komik, podcast dan majalah. Lentera Siber juga melalukan literasi ke Calon PNS dalam acara Latsar CPNS Provinsi Bali. Roadshow Literasi Digital adalah terobosan teranyar dari Lentera Siber dimana Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Bali yang melaksanakan kegiatannya dengan menyiapkan peserta dan ruangan, Dinas Kominfos yang menyiapkan narasumber dan materinya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfos Prov Bali Gede Pramana mengatakan bahwa keamanan adalah hal yang penting dalam menentukan keberhasilan dari transformasi digital dan adalah bagian penting juga dari pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik SPBE.  "Melalui berbagai kegiatan Lentera Siber, kami ingin memperluas daya jangkau target literasi digital safety di Pemprov Bali. Kami masih mendengar bahwa ASN Pemprov Bali ada yang terkena pishing, WA yang dihack dan kasus lainnya. Beberapa akun media sosial/website juga ada yang diretas. Ada juga ASN yang belum mengaktifkan 2FA dan sebagainya. Tentunya dengan sama-sama meningkatkan kompetensi digital, kita bisa meminimalkan hal-hal tersebut. Ada banyak faktor yang berperan dalam keamanan siber, salah satu yang terpenting adalah faktor manusianya. Bagaimana seorang ASN Pemprov Bali, harus mengetahui mana yang aman dan mana yang tidak aman, atau hal-hal apa yang harus dilakukan untuk memperkuat keamanan ruang siber di Pemprov Bali. Nah untuk itu literasi menjadi hal yang sangat penting" ujar Gede Pramana.

Kunjungi kanal Youtube @lenterasiber156