×

Roadshow Literasi Digital di Biro Hukum Setda Prov Bali

Jumat, 6 Oktober 2023 pukul 16.33 (6 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sundika

DENPASAR, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali melanjutkan pelaksanaan Roadshow Literasi Digital untuk Biro Hukum Setda Prov Bali bertempat di Ruang Rapat Praja Sabha Kantor Gubernur Bali,  Rabu (Buda Wage Mrakih) 20 September 2023. Literasi dihadiri oleh Pejabat Struktural dan Fungsional di lingkungan Biro Hukum dan langsung dibuka oleh Kepala Biro Hukum Setda Prov Bali, Ida Bagus Gede Sudarsana.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Literasi Digital, IB Gede Sudarsana mengatakan bahwa materi yang akan dipelajari bersama ini adalah adalah materi yang sangat penting terutama dalam hal menjaga keamanan diri sendiri di dunia internet, keluarga dan tentunya ruang siber Pemprov Bali.  Sementara itu Kabid Persandian Dinas Kominfos Prov Bali, I Putu Sundika sebelum mulai memaparkan materi, memberikan fokus pada insiden-insiden yang selama ini pernah terjadi pada aset TIK Biro Hukum. Sundika juga berharap bahwa seluruh pegawai Biro Hukum dapat mengetahui apa saja aset-aset TIK dari Biro Hukum itu sendiri dan ikut berkontribusi terhadap keamanan dari aset-aset tersebut. Sundika juga mengingatkan bahwa keamanan merupakan tanggungjawab bersama. Khusus untuk Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP), Sundika berharap Biro Hukum juga dapat aktif memberikan penekanan dan sosialisasi kepada seluruh Perangkat Daerah di Provinsi Bali terutama melalui sistem non elektronik.

Kegiatan literasi dari Lentera Siber ini merupakan kegiatan literasi dua arah dimana diskusi sangat terbuka bisa dilakukan dengan mengangkat hal-hal yang selama ini masih menjadi pertanyaan atau insiden-insaiden yang pernah menimpa peserta. Di akhir kegiatan dilakukan kuis interaktif menggunakan platform digital dengan tujuan untuk melihat sejauh mana peserta dapat memahami seluruh konten literasi yang baru saja didapatkan.

Roadshow Literasi Digital dengan target peserta dari Biro Hukum ini adalah salah satu bentuk kegiatan Lentera Siber , sebuah program literasi yang khusus menyasar digital safety atau kompetenasi keamanan di dunia siber. Roadshow ini merupakan terobosan baru dimana Perangkat Daerah yang menginisiasi pelaksanaan kegiatan yaitu menyiapkan peserta dan tempat pelaksanaan termasuk memilih materi yang tepat, untuk kemudian Dinas Kominfos Prov Bali dalam hal ini Tim Lentera Siber akan mengirimkan narasumber dan menyiapkan materi. Hal ini dipercaya akan menambah jangkauan target literasi kesadaran keamanan informasi, dibandingkan dengan mengandalkan jumlah pelaksanaan kegiatan dari Dinas Kominfos yang terbatas.

Kunjungi kanal Youtube @lenterasiber156