×

Diskominfos Provinsi Bali Menerima Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Bangka Belitung

Selasa, 4 Juni 2024 pukul 09.19 (4 bulan yang lalu) | Oleh Anita Eka Dharanita

Senin, 3 Juni 2024, Diskominfos Provinsi Bali menerima kunjungan kerja DPRD Provinsi Bangka Belitung. Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka koordinasi terkait implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Provinsi Bali.

Kunjungan kerja DPRD Provinsi Bangka Belitung yang dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bangka Belitung Beliadi, S.IP serta didampingi oleh anggota Komisi I DPRD Provinsi Bangka Belitung Safri SE, yang membidangi pemerintahan diterima langsung oleh Kepala Bidang Teknologi Informatika I Gede Agus Arjawa Tangkas di Ruang Rapat Video Conference I Diskominfos Provinsi Bali.

Dalam kesempatan ini Kepala Bidang Teknologi Informatika Diskominfos Provinsi Bali I Gede Agus Arjawa Tangkas memberikan sambutan dan ucapan selamat datang atas kunjungannya ke Bali khususnya ke Diskominfos Provinsi Bali sekaligus menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Bali berhasil meraih Predikat ‘Sangat Baik’ SPBE 2023 dalam evaluasi penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023.

Indeks SPBE Pemerintah Provinsi Bali juga terus mengalami peningkatan pada Tahun 2023 dengan meningkatnya capaian kinerja. Tak hanya itu, Pemerintah Provinsi Bali telah berhasil mengintegrasikan layanan dengan berbagai entitas, termasuk layanan pemerintah pusat, seperti Satu Data Indonesia, Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), dan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), layanan kepegawaian yang terintegrasi dengan platform digital manajemen ASN (SI ASN) juga menjadi bagian dari capaian ini.

Bali juga menjalin kerja sama dengan Pusat Data Nasional (PDN) untuk memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur dan layanan yang ada. Penerapan Layanan Single Sign-On (SSO) di Pemerintah Provinsi Bali juga diakui sebagai Best Practice, bahkan menjadi acuan bagi beberapa pemerintah daerah di Indonesia.

Ketua rombongan DPRD Provinsi Bangka Belitung juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan kunjungan ini guna mendapatkan informasi tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang nantinya bisa diimplementasikan pada pemerintah Provinsi Bangka Belitung.