×

Ingin Majukan UMKM dan IKM Bali, Ny. Ida Mahendra Jaya Sowan ke DIY dan Kebumen Untuk Jalin Kerjasama

Kamis, 8 Februari 2024 pukul 10.08 (3 bulan yang lalu) | Oleh I Putu Sujatmanta, SE

YOGYAKARTA - Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. drg. Ida Mahendra Jaya bertemu dengan Wakil Ketua TP PKK DIY Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam, di Pura Paku Alam dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke Yogyakarta, Rabu (Buda Wage Warigadean), 7 Februari 2024.

 

Selain bersilaturahmi, Kunker Ny. drg. Ida Mahendra Jaya dimaksudkan juga dalam rangka meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan program TP PKK Provinsi Bali, khususnya program inovasi AKU HATINYA PKK. 

 

Dalam pertemuan penuh keakraban di tengah tenangnya suasana keraton Paku Alam, Ny. Ida Mahendra menyatakan harapannya agar antara para pelaku UMKM dan IKM kedua daerah bisa terjalin kerjasama di bawah naungan TP PKK, baik dari sisi pengetahuan dalam pengembangan keterampilan maupun pemasaran hasil-hasil produksi UMKM kedua daerah.

 

"Satu kebanggaan bagi kami bisa hadir disini untuk sekedar saling berbagi pengalaman. Semoga hubungan baik bisa terus terjalin antara Bali dan DIY dalam berbagai kegiatan organisasi yang kita kelola guna pemajuan UMKM dan IKM yang ada, maupun dalam berbagai kegiatan yang digelar oleh TP PKK Pusat," ujar Ny. Ida Mahendra.

 

Harapan tersebut pun mendapat respon positif dari Wakil Ketua TP PKK DIY Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRay) Adipati Paku Alam yang kala itu turut didampingi Sekretaris TP PKK DIY Anggi Bambang. Senada dengan Pj. TP PKK Provinsi Bali, GKBRay Paku Alam turut mengharapkan bisa saling mendukung dan berkolaborasi sehingga para pelaku UMKM dan IKM kedua daerah bisa berkembang dan maju bersama-sama.

 

Selain sharing kiat-kiat yang dilakukan dalam menciptakan produk baru maupun peningkatan kualitas produk yang sudah ada, GKBRay Paku Alam juga berkesempatan menyampaikan sejarah singkat keberadaan Adipati Paku Alam yang saat ini turut memegang kepemimpinan DIY secara kedinasan di pemerintahan yang secara turun temurun penerus Adipati Paku Alam menjabat sebagai Wakil Gubernur DIY. Namun secara kerajaan, Adipati Paku Alam juga memiliki wilayah, prajurit, abdi dalem dan sebagainya masing-masing, terpisah dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta yang rajanya selalu menjabat selaku Gubernur DIY. Selanjutnya, Ny. Ida Mahendra Jaya pun diajak berkeliling menilik setiap bangunan yang ada di lingkungan Pura Paku Alam sembari sesekali mengabadikan momen kebersamaan mereka dalam dokumen foto.

 

Tak hanya melaksanakan Kunker di Daerah Istimewa Yogyakarta, Ny. Ida Mahendra sehari sebelumnya (6/2) juga berkesempatan melakukan Kunker ke Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dengan agenda yang sama. Pada momen itu, kehadiran Ny. Ida Mahendra di Kota Lawet diterima langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen lin Windarti Arif Sugiyanto di Kebun Agrismart Komplek Pendopo Kabumian.

 

Dalam kedua pertemuan tersebut, Pj. TP PKK Provinsi Bali Ny. Ida Mahendra menyerahkan cinderamata berupa kain tenun Endek khas Bali. Selain sebagai buah tangan, hal tersebut juga bertujuan untuk terus mempromosikan kain tradisional khas hasil produksi perajin tenunan Endek Bali.