×

Kaban Kesbangpol Bali Libatkan Pelajar SMA/SMK dalam Pencegahan Terorisme

Kamis, 29 Agustus 2024 pukul 14.21 (3 minggu yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

Rabu, 28 Agustus 2024. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata selaku Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Bali ajak adik-adik SMA/SMK sederajat dalam pencegahan terorisme melalui kegiatan “YOUTH OF INDONESIA” yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri 5 Denpasar, Jalan Ratna Kesiman.

Wiryanata menyampaikan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak generasi muda khususnya pelajar SMA sederajat, untuk ikut ambil bagian secara aktif melakukan pencegahan dengan mengemas kegiatan dalam bentuk lomba, Seperti Lomba Tari Bali, Lomba Baca Puisi dan Lomba Menyanyi Lagu Daerah Bali, yang diikuti oleh pelajar SMA Sederajat.

Keberagaman kita di Negara Kesatuan Republik Indonesia disamping sebagai sumber kekuatan, juga memendam potensi konflik.  Sepanjang sejarah bangsa telah terjadi berbagai pemberontakan baik yang dilakukan oleh kelompok ekstrem kanan maupun ekstrem kiri. Pembrontakan tersebut pada dasarnya  ingin menggantikan Pancasila sebagai ideologi negara dengan ideologi yang mereka perjuangkan. Untuk itulah kegiatan-kegiatan seperti ini perlu tetap dilaksanakan dalam upaya menangkal perkembangan paham radikal teroris di tanah air yang semakin masif, dengan menggandeng masyarakat untuk melakukan pencegahan.

Kegiatan juga turut dihadiri  Staf Ahli BNPT RI, beserta jajarannya;  Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali; Kakanwil Kemenag Provinsi Bali; dan Para Kepala SMA, SMK, Sederajat terpilih.