×

Kaban Kesbangpol Bali Wakili Pj. Gubernur Bali pada Rakor Pelibatan BNPT

Rabu, 29 November 2023 pukul 14.16 (5 bulan yang lalu) | Oleh AGUS SANTOSO

Rabu, 29 November 2023, bertempat di The Stones Hotel, Legian Beach, Badung. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata mewakili Pj. Gubernur Bali menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pelibatan BNPT dalam Kegiatan Nasional dan Internasional serta Sosialisasi Peraturan BNPT Nomor 3 Tahun 2020.

Dalam sambutan Pj. Gubernur Bali yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali menyampaikan bahwa pemerintah daerah mempunyai peran dalam Pelaksanaan program penanggulangan terorisme, antara lain:

1. Penanggulangan terosisme seperti  kegiatan pencegahan, deteksi, penindakan, dan rehabilitasi terhadap tindak pidana terorisme.

2. Pemerintah daerah dapat  melakukan koordinasi dan kerjasama dengan BNPT serta lembaga terkait lainnya dalam upaya penanggulangan terorisme. Hal ini mencakup pertukaran informasi, kolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan, dan penciptaan sinergi antara pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait.

3. Pemerintah daerah dapat dan memiliki tugas untuk melakukan pemetaan dan identifikasi obyek vital yang strategis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi potensi target terorisme serta mengambil langkah-langkah perlindungan yang sesuai.

4. Pemerintah daerah dapat melakukan evaluasi terhadap keberhasilan program dan kegiatan penanggulangan terorisme yang dilaksanakan di tingkat daerah.

Evaluasi terhadap keberhasilan program dan kegiatan penanggulangan terorisme yang dilaksanakan di Bali telah memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap pemulihan sektor pariwisata nasional.

Pj. Gubernur Bali juga mengingatkan bahwasanya saat ini merupakan tahun politik, Pesta Demokrasi Indonesia, Pemilu dan Pemilukada Serentak  Tahun 2024. Dalam pelaksanaannya sudah tentu akan ada ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) baik dari dalam daerah, nasional dan internasional, yang meliputi aspek Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya serta Pertahanan Keamanan.  Ancaman keamanan dapat mencakup ancaman terorisme, konflik antar kelompok, kerusuhan massa, atau serangan siber yang bertujuan untuk mengganggu atau memanipulasi proses pemilu. Upaya-upaya serius harus terus Kita dilakukan untuk mengidentifikasi dan mencegah potensi ancaman ini serta melindungi integritas pemilu. 

terakhir Pj. Gubernur Bali berharap melalui kegiatan ini dapat menguatkan sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan BNPT dalam melaksanakan program penanggulangan terorisme.